81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Metode Pembuatan Taman Kering Yang Mudah

Seperti apa Metode Pembuatan Taman Kering Yang Mudah? Untuk sekedar tambahan referensi, tidak ada salahnya jika anda menyimak artikel ini hingga tuntas.

Metode Pembuatan Taman Kering Yang Mudah
Nah, terkadang kebanyakan orang merasa sedikit repot untuk bisa mengurus taman di rumah. Khususnya pada waktu musim kemarau yang menuntut penyiraman tanaman secara rutin.

Sedangkan saat masuk pada musim penghujan, justru kita harus lebih rajin dalam mencabut rumput liar yang sering tumbuh pada area sekitar tanaman hias.

Akan tetapi, hal tersebut bukan suatu alasan kenapa kita tidak membuat taman. Sebab taman mempunyai peranan penting untuk rumah. Tidak terkecuali untuk penyejuk sekaligus mempercantik rumah.

Salah satu pemecahan masalah untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan membuat taman kering. Tepatnya taman yang terdiri dari batu koral atau batu kali serta pasir dan beberapa jenis tanaman yangbersifat tidak membutuhkan air banyak.

Selain itu, taman kering juga tidak membutuhkan penutup tanah rumput, serta tanaman yang dipilih harus mampu menyimpan cadangan air pada batang, akar, ataupun pada bagian daunnya. Sehingga tidak dibutuhkan penyiraman setiap hari.

Pada dasarnya, pembuatan taman kering tidaklah begitu sulit seperti yang dibayangkan. Bahkan kita bebas menentukan desain dari taman sesuai dengan keinginan.

Yang menjadi poin penting hanyalah, taman tersebut bisa menyatu dengan desain rumah serta memperhatikan pemilihan tanaman yang tepat.

Tidak terkecuali juga dengan lokasinya, bisa diposisikan pada bagian dalam ruangan, atau bisa juga di bagian luar ruangan. Asal luas lahan yang tersedia cukup untuk mendesain taman tersebut.

Sedangkan syarat pembuatan taman kering ialah, harus memperhatikan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Pasalnya, jenis tanaman yang digunakan, terdiri dari beberapa jenis. Salah satunya yang membutuhkan banyak sinar matahari dan juga jenis tanaman yang memerlukan keteduhan.

Selain itu, taman kering dianjurkan untuk menggunakan tempat yang tidak lembab dan gelap. Sebab kondisi tersebut hanya akan membuat tanaman menjadi busuk atau bahkan mati.

Ciri utama dari taman kering tidak lain ialah tentang penggunaan batu alam dan pasir. Akan tetapi, bahan tersebut tidak bisa ditaruh begitu saja ke media tanam atau tanah yang dipakai.

Intinya, sebelum batu dan pasir diletakkan, harus diberi lapisan batu kecil atau kerikil terlebih dahulu. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan semen dalam proses pengerasan.

Untuk jenis tanaman yang digunakan, disesuaikan dengan lokasi peletakan taman kering tersebut. Apabila di dalam ruangan, maka pilih jenis tanaman yang tidak banyak membutuhkan sinar matahari.

Sedangkan untuk taman kering yang ada di luar ruangan, maka bisa memilih jenis tanaman yang lebih tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Sebagai contoh ialah katus, palem, sikas, dll.

Untuk perawatan, cukup menjaga tanaman supaya tetap dalam kondisi yang bersih dan apabila memang ada daun yang kering, harus segera dibersihkan.

Post a Comment

Post a Comment