81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Merawat Tanaman Hias Brokoli Kuning Di Rumah

Bagaimana sih Cara Merawat Tanaman Hias Brokoli Kuning Di Rumah? Selain pertanyaan ini, tentu masih banyak lagi tanda tanya lain yang tentunya ingin anda ketahui. Seperti halnya tanaman brokoli hijau atau sejenisnya.


Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membuka pembahasan tentang cara menanam brokoli kuning. Agar penerapannya tidak salah, akan lebih baik jika anda menyimak tips berikut dengan teliti.

Cara Merawat Tanaman Hias Brokoli Kuning Di Rumah

Nah, seperti diketahui, brokoli kuning bukanlah jenis sayuran seperti halnya brokoli hjiau. Pada dasarnya, cara menanamnya pun tidaklah sulit. Untuk lebih singkatnya, yuk baca step by step dibawah ini.


1. Mempersiapkan Lahan

Poin utama sebelum penanaman, tentu anda harus sudah mempunyai lahan untuk penyemaian dan seterusnya. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang menanam tanaman hias ini langsung ditanah.


Lahan yang diperlukan pun sangatlah sederhana, yang penting bersih dan terbebas dari hama agar penanaman bibit bisa berjalan optimal.


2. Memilih Bibit Yang Baik

Agar anda memperoleh hasil tanaman hias yang berkualitas, maka bibit yang digunakan pun juga harus tepat. Sehingga, anda harus pintar dalam memilih bibit yang bagus.


Terdapat beberapa alternatif yang bisa anda gunakan, yakni stek batang dan juga enggunakan anakan yang tumbuh disekitar indukan yang sudah dewasa.


3. Menyemai Bibit

Apabila anda sudah memilih bibit yang baik, maka proses selanjutnya ialah dengan menyemai bibit tersebut. Pertama ialah jika anda memilih cara stek batang, maka harus menyiapkan alat seperti pisau yang tajam dan bersih.


Selanjutnya, jika sudah melakukan pemotongan, maka rendam dengan menggunakan larutan zat perangsang tumbuhnya akar, paling tidak selama 1 jam. Dan siapkan polybag untuk media tanam.


Namun jika anda menggunakan anakan, maka hanya tinggal menunggu anakan tersebut tumbuh lebih besar dan cabut dengan hati-hati.


Kemudian masukkan anakan pada media tanam polybag seperti langkah yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Proses lanjutan, amankan bibit dari jangkauan bahaya seperti terik matahari, genangan air, atau yang lainnya selama kurang lebih 2 minggu kedepan.


4. Proses Penanaman Bibit

Apabila bibit sudah tampak membentuk akar yang baru, lebih subur, serta sudah ada tunas yang tumbuh, maka anda sudah bisa menanam bibit tanaman hias brokoli kuning pada tempat yang lebih baik, atau bisa juga dipindah pada pot dan media tanam yang lebih besar.


Poin pentingnya ialah, pastikan anda tidak merusak akar baru yang sudah tumbuh saat memindahkan bibit pada tempat yang lebih besar.


Untuk lebih mempermudah langkah pemindahan, lakukan penggemburan terlebih dahulu dengan cara memukul-mukul area tepi dari polybag.


Tentunya langkah ini akan membuat media tanam yang ada di dalam polybag menjeadi gembur, serta akan menjadikan anda lebih mudah dalam memindah bibit tanpa merusak akar.


5. Langkah Perawatan

Proses perawatan pada tanaman hias brokoli kuning terbilang sangatlah mudah. Sebab anda hanya perlu memastikan kondisi pada sekitar penanam bibit, tidak tergenang air, ataupun tidak terlalu kering.


Bagaimana? Sangat mudah bukan? Jangan ragu untuk praktek sendiri dirumah. Sekian dari kami dan salam bercocok tanam.

Post a Comment

Post a Comment