81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Menanam Rumput Taman

Pada dasarnya Tips Dan Cara Menanam Rumput Taman ini sudah bukan hal asing untuk penghobi tanaman. Pasalnya, mereka sudah paham dengan penerapan dan juga perawatan yang harus dilakukan.

 

Nah, bagi anda yang suka dengan tampilan ekterior rumah beralas rumput. Khususnya untuk rumah dengan desain taman minimalis, tentu sudah menjadi lumrah jika anda menanaminya dengan rumput.

Tips Dan Cara Menanam Rumput Taman

Sebab dengan menanam rumput taman, maka akan membuat tampilan taman lebih cantik dan sempurna. Sehingga anda pun bisa lebih betah berada di taman rumah.

 

Akan tetapi, untuk bisa melakukan penanaman rumput tersebut. Tidak semua orang paham dengan cara yang harus dilakukan. Bahkan sudah banyak yang mencoba, selalu mengalami kegagalan.

 

Selain membuat tampilan taman lebih menarik, rumput juga bisa membantu proses drainase air di halaman rumah. Sehingga halaman rumah tidak becek ataupun tergenang air saat hujan.

 

Langsung fokus pada topik, bagaimana cara menanam rumput taman yang benar? Untuk lebih jelasnya, mungkin akan lebih baik jika menyimak tahapan berikut :

 

1. Menentukan Konsep dan Jenis Rumput Taman

Setidaknya, ada beberapa jenis rumput alami yang bisa anda gunakan sebagai rumput taman. Sebagai contoh ialah rumput gajah, rumput Jepang, ataupun rumput peking.

 

Pada semua jenis rumput taman tersebut, mempunyai ketahanan yang berbeda terhadap paparan sinar matahari dan cuh hujan.

 

Selain itu, setiap jenis rumput taman juga mempunyai karakteristik tekstur dan panjang yang berbeda. Tentu kondisi tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir dari tampilan taman.

 

2. Lakukan Penggemburan Pada Tanah

Tidak hanya untuk penanaman rumput, tahap penggemburan tanah juga sangat baik dilakukan pada tanaman jenis lain. Tanah yang siap untuk ditanami rumput sudah dalam kondisi lembab, gembur dan tetap kaya akan material organik dan unsur hara.

 

Setidaknya, cangkul tanah dengan kedalam 5 hingga 10 cm. Kemudian campur tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Selanjutnya ratakan tanah agar hasil lebih bagus.

 

3. Basahi dan Petakkan Tanah Sebelum Menyemai Bibit

Sebelum dilakukan penyebaran bibit rumput taman, basahi terlebih dahulu tanah dengan sedikit air. Kemudian bagi ke dalam beberapa petak.

 

Lakukan penanaman bibit dengan membentuk pola selang-seling atau zigzag. Dan tutup dengan gambut diatasnya. Lapisan gambut berperan untuk menjaga kelembapan tanah.

 

4. Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Setelah melakukan penyemaian, maka anda pun bisa menyiram benih secara teratur. Agar hasil lebih maksimal, dalam 10 hari pertama anda bisa menyiram 2 hingga 3 kali sehari.

 

Usahakan kondisi tanah tetap lembab. Namun jika curah hujan sedang tinggi, maka anda bisa mengurangi penyebaran bibit rumput yang di tanam.

 

5. Langkah Perawatan

Pada setiap jenis rumput mempunyai karakteristik yang berbeda. Sehingga perawatan yang dilakukan pun juga berbeda. Ada jenis rumput yang cepat tumbuh, sehingga membutuhkan pemangkasan setidaknya sebulan sekali.

 

Selain pemangkasan, anda juga harus membersihkan gulma. Sehingga rumput tampak lebih bagus tanpa adanya tanaman lain yang menganggu.

Post a Comment

Post a Comment