81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Menanam Hairgrass Sendiri Di Rumah

Seperti apa langkah Cara Menanam Hairgrass yang paling mudah? Untuk bisa memberikan jawaban yang lebih lengkap, dibawah ini kami sudah merangkum informasi dari beberapa sumber di internet.

 

Sebagai tambahan informasi, hairgrass atau Eleocharis parvula merupakan jenis tanaman yang tergolong rumput-rumputan yang habitatnya bisa tumbuh di dalam air.

Tips Dan Cara Menanam Hairgrass Sendiri Di Rumah

Tanaman ini diklaim bersal dari Amerika dan sering digunakan untuk tanaman foreground atau tanaman karpet yang terdapat pada dasar aquarium.

 

Dan kenyataannya, menanam hairgrass untuk aquascape bisa anda lakukan sendiri di rumah. Bahkan cara yang harus dilakukan pun sangat mudah.

 

Akan tetapi, sebelum anda memulai pembibitan, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya ialah benih hairgrass, akuarium, pasir atau substrat, pupuk, air, lampu akuarium, serta botol semprotan.

 

Untuk tahapan dan langkah-langkah yang harus dilakukan, tuk simak daftar berikut :

  • Poin pertama, anda perlu menyiapkan akuarium atau tank, kemudian letakkan media tanam atau substrat berupa pasir pada lapiran pertama dan ditaburi dengan pupuk.
  • Letakkan pasir untuk lapisan kedua. Sebelumnya, pasir tersebut dicampur dengan batu bata yang sudah dihancurkan kasar, atau bisa juga pasir yang sudah dicampur dengan pupuk.
  • Pada media tanam lapisan pertama dan kedua, disarankan mempunyai ketebalan kurang lebih sekitar 2 cm.
  • Berikutnya, genangi dengan air di bawah permukaan media tanam (kurang lebih dengan ketinggi 1 hingga 1,5 cm). Langkah ini bertujuan agar media tanam menjadi lembab. Jika beri air berlebihan, sebab bisa membuat benih menjadi busuk.
  • Kemudian, taburkan benih sedikit demi sedikit pada media tanam, upayakan dilakukan secara merata dan semprotkan air hingga sedikit lembab.
  • Selanjutnya, lakukan penyinaran setidaknya 6 hingga 8 jam per hari. Agar bibit cepat tumbuh, lakukan penyemprotan sebanyak 2 kali sehari. Paling bagus dilakukan pada sore hari selama 7 hari pertama.

 

Jika benih tanaman bagus, pada hari ketiga sudah mulai tumbuh kecambah. Dan pada hari ketujuh, tanaman sudah bisa digenangi dengan air.

 

Tips Merawat Hairgrass Aquascape

Penting diketahui, tanaman hairgrass membutuhkan CO2 yang tidak terlalu tinggi. Maka dari itu, tidak memerlukan injeksi CO2. Cukup dengan menstabilkan cahaya lampu.

 

Saat pertama kali akuarium digenangi dengan air, akan lebih baik jika diikuti dengan pemberian pupuk cair. Pupuk ini juga bisa diberikan setiap satu minggu pasca mengganti air akuarium. Selain itu, pemberian pupuk tancap juga diperlukan setiap dua bulan sekali. 

 

Agar tanaman hairgrass bisa tetap indah dan tidak mengganggu cahaya yang masuk, diperlukan langkah pemangkasan secara rutin. Khususnya ketika sudah ada rumput yang mulai memanjang.

 

Gunakanlah gunting yang bersih supaya tanaman tidak terkena infeksi. Pemangkan baik dilakukan sebanyak satu bulan sekali.

Post a Comment

Post a Comment