81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Kaya Akan Manfaat, Ini Dia Cara Menanam Temu Kunci Di Rumah

Temu Kunci sangat umum digunakan untuk bumbu dapur dan juga tanaman obat. Dibalik semua itu, rimpang yang satu ini juga menyimpan berjuta manfaat untuk kesehatan.

 

Sekedar untuk tambahan informasi, temu kunci merupakan jenis tanaman semak semusim yang mempunyai batang semu. Bentuk dari umbi atau rimpangnya sedikit berbeda dengan rimpang lain.

Kaya Akan Manfaat, Ini Dia Cara Menanam Temu Kunci Di Rumah

Rimpang dari temu kunci berbentuk memanjang ramping, hampir serupa dengan jari. Dan warna rimpangnya kuning muda serta mempunyai aroma yang khas.

 

Jika membaca atau mendengar namanya, tidak sedikit orang yang sudah paham dengan bentuknya. Meski tidak sepopuler jenis rimpang lain, namun temu kunci juga menjadi primadona bagi orang yang suka ramuan herbal.

 

Temu kunci dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hal ini karena tidak lepas dari kandungan pinostrobin dan pinocembrine yang dikenal sebagai obat anti kanker.

 

Sedangkan di Indonesia, pemanfaatan temu kunci sering dimanfaatkan untuk obat masuk angin, meredadakan gejala sariawan, menyembuhkan batuk, menurunkan demam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Pertanyaannya, bagaimana cara menanam temu kunci sendiri di rumah? Jika anda mempunyai pekarangan atau sedikit tanah kosong, maka tidak ada salahnya untuk membudidayakan tanaman yang satu ini.

 

Selain berfungsi sebagai apotek hidup, tentu temu kunci juga mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Poin penting lainnya, rumah anda akan lebih sehat sebab udara di sekitar rumah terasa sejuk dan bersih.

 

Langkah penanaman temu kunci sangatlah mudah. Bisa ditanam di pot atau langsung ditanam di tanah. Berikut cara yang bisa anda lakukan :

 

1. Menanam Temu Kunci Di Pot

Setidaknya ada 5 poin penanaman temu kunci menggunakan media pot. Kesemuanya sangat mudah dan bisa langsung anda praktekkan.

  • Pertama, anda harus menyiapkan pot dengan diameter 40 hingga 50 cm.
  • Siapkan tanah yang sudah digemburkan dan di campur dengan sekam dan pupuk kandang.
  • Ambil anakan temu kunci, usahakan mengambil bibit yang kondisinya baik dan tidak busuk.
  • Selanjutnya, tanam anakan temu kunci tersebut pada pot dan letakkan pada area yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Baik itu di depan ataupun belakang rumah.
  • Jika sudah selesai, maka lakukan penyiraman setidaknya 1 kali sehari.

 

2. Menanam Temu Kunci di Tanah Langsung

Berbeda dengan menanam di pot, menanam temu kunci langsung di tanah juga sangat mudah. Berikut langkah selengkapnya :

  • Pertama, cari dan tentukan lokasi yang terkena paparan sinar matahari langsung.
  • Gali tanah tersebut dengan kedalaman 10 hingga 15 cm. Diamkan selama kurang lebih 3 hari untuk mengurangi tingkat keasaman tanah.
  • Masukkan anakan (bibit) temu kunci ke dalam lubang, kemudian tutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan sekam dan pupuk organik.
  • Lakukan penyiraman sehari sekali untuk menjaga kelembapan tanah.

 

Selamat mencoba!

Post a Comment

Post a Comment