81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Bonsai Bunga Krokot Sendiri Di Rumah

Untuk melakukan bonsai pada tanaman, tentu membutuhkan ketelatenan serta kesabaran ekstra. Dalam hal ini, ada begitu banyak cara yang dianggap efektif dan murah untuk merawat tanaman yang cantik tersebut.

 

Umumnya, tanaman bonsai dimiliki oleh kalangan orang dengan tingkat ekonomi yang terbilang mapan. Yaitu kondisi ekonomi menengah ketas dikarenakan harganya yang mahal.

 

Tips Dan Cara Bonsai Bunga Krokot Sendiri Di Rumah
Akan tetapi, untuk saat ini masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah, juga sudah bisa merawat tanaman mahal tersebut. Tentu dengan perawatan yang tidak mahal dan rumit.

 

Salah satu jenis bonsai yang saat ini tengah naik daun ialah bonsai bunga krokot. Dengan kreatifitas pecinta tanaman, bunga krokot bisa disulap menjadi bonsai dengan hasil berbeda dan terbilang tidak biasa.

 

Sehingga dengan kondisi bunga krokot sudah dibonsai, mempunyai tampilan baru yang lebih unik dan cantik. Bahkan menyerupai tanaman bonsai pada umumnya.

 

Bagi anda yang memang penasaran dengan tutorial dan cara menanam bonsai bunga krokot, berikut langkah-langah yang bisa anda ikuti :

 

Pertama, anda harus menyiapkan batang krokot yang sudah tua dan keras. Usahakan memilih batang yang lurus supaya lebih mudah dalam pembentukan. Sedangkan untuk warna bunga, bisa hanya satu warna atau dengan kombinasi beberapa warna sekaligus, tentu hal ini bisa disesuaikan dengan selera masing masing.

 

Tahap berikutnya, yakni dengan membiarkan selama kurang lebih 2 hingga 3 hari agar batang menjadi agak melunak dan lemas. Tujuannya agar lebih mudah saat dibentuk.

 

Ambil 3 batang bunga krokot yang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Ikat ketiganya pada bagian pangkal batang dengan karet kecil. Selanjutnya, pilin seperti halnya memilin (mengepang) rambut. Lakukan dengan hati-hati hingga diperoleh pilinan bunga krokot sejumlah yang diinginkan.

 

Pada tahap keempat, satukan bunga krokot yang sudah dipilin menjadi satu, ikat dengan karet pada beberapa bagian supaya lebih kuat. Sedangkan untuk karet pada pangkal batang sebelum dipilin dilepaskan.

 

Selanjutnya, siapkan media tanam dan tanam bunga krokot yang sudah dipilin. Lakukan pemangkasan pada bagian atas supaya tunas baru bisa cepat tumbuh.

 

Lakukan perawatan seperti merawat tanaman krokot pada umumnya. Apabila anda ingin memperoleh bonsai yang lebih unik, maka pilihlah batang yang lebih panjang. Lakukan pemilinan seperti langkah diatas, kemudian kumpulkan menjadi satu.

 

Pada bagian tengah batang, pisahkan beberapa pilinan dengan tujuan supaya menyerupai batang. Langkah ini bisa disesuaikan dengan warna masing0masing bunga, khususnya jika bunga krokot yang anda pilih lebih dari satu warna.

 

Sedangkan untuk tips lanjutan, mungkin saja anda membutuhkan bantuan kawat lembut untuk mengarahkan hasil pilinan batang krokot. Sehingga nantinya bisa diperoleh bentuk tangkai sesuai selera dan bisa menyerupai pohon bonsai pada umumnya.

 

Bagaimana cara agar bonsai krokot cepat berbunga? Tips sederhana yang bisa anda lakukan ialah, pilih bunga krokot yang sudah bertunas. Sehingga anda tidak perlu melakukan pemangkasan.

Post a Comment

Post a Comment