Cara Budidaya Dan Menanam Jahe Merah Dalam Polybag - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Thursday, February 11, 2021

Cara Budidaya Dan Menanam Jahe Merah Dalam Polybag

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, budidaya jahe merah menjadi primadona karena mempunyai manfaat untuk menambah daya tahan tubuh. Bagi anda yang ingin mencoba budidaya sendiri, berikut tips yang bisa anda ikuti.

 

Seperti yang kita ketahui, usaha budidaya jahe merah menjadi salah satu bidang usaha dalam bidang agribisnis yang cukup populer serta bisa menguntungkan.

 

Cara Budidaya Dan Menanam Jahe Merah Dalam Polybag
Pada kalangan masyarakat pedesaan khususnya, banyak dari mereka membudidayakan jahe merah yang kemudian dijual ke masyarakat kota. Atau bahkan hingga di ekspor ke luar negeri dikarenakan permintaan yang cukup tinggi.

 

Dan kenyataannya, budidaya jahe merah juga bisa dilakukan di pekarangan dengan lahan yang sempit, yakni dengan menggunakan polybag ataupun karung bekas pakan.

 

Media tanam yang dibutuhkan berupa tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Sedangkan untuk bibitnya, bisa diambil dari tanaman jahe yang sudah tua. Cirinya ialah tajuk sudah kering.

 

Bagaimana langkah yang harus dilakukan dalam proses penyemaian, perawatan, hingga panen? Sebenarnya sangat sederhana saja, cukup ikuti langkah berikut :

 

1. Proses Penyemaian

Untuk proses pertama ini, anda bisa memanfaatkan peti kayu. Pada bagian dasar peti letakkan bibit satu lapis. Selanjutnya beri sekam padi atau abu gosok, begitupun seterusnya dan yang paling atas ialah sekam padi atau abu gosok.

 

Dalam kurun waktu 2 hingga 4 minggu, benih akan mulai tumbuh. Jika sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 10 cm atau 3 hingga 5 daun, jahe sudah bisa ditanam di polybag.

 

2. Proses Penanaman

Proses penanaman bibit jahe dalam polybag atau karung harus dilakukan dengan hati-hati. Buat lubang pada polybag sesuai dengan ukuran bibit, selanjutnya masukan media seperti tanah, pasir dan pupuk organik.

 

Kemudian tutup dengan media di sekitarnya dan padatkan ala kadarnya saja. Pasca proses penanaman selesai, media dan bibit harus sering disiram dengan air secukupnya supaya pertumbuhannya maksimal.

 

3. Proses Pemeliharaan

Langkah pemeliharaan tanaman jahe dalam polybag sangatlah mudah. Sebab hanya anda hanya perlu melakukan penyiangan, penyiraman, penggemburan media, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Setidaknya, sekitar usaia 10 bulan jahe merah sudah bisa dipanen. Tanaman yang tampak sudah tua dan siap dipanen ialah pohonnya yang sudah melewati masa mengering. Hal ini bisa diketahui dari daun dan batang yang berubah menjadi kuning dan sudah mengering.

 

4. Proses Panen

Untuk memanen jahe dalam polybag sangatlah mudah. Sebab anda tidak harus susah payah menggali atau sejenisnya. Anda hanya perlu emenggunakan cetok atau bisa langsung dengan merobek polybag yang sudah mulai lapuk.

 

Dengan hati-hati, angkat rimpang jahe agar tidak rusak. Kemudian bersihkan dari tanah serta kotoran yang masih menempel.

 

Untuk satu rumpun tanaman jahe yang ada dalam satu media tanam polybag, umumnya bisa menghasilkan rimpang mulai dari 2 hingga 5 kg.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done