81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Lidah Buaya Tanpa Akar Dalam Polybag

Bagaimana Cara Menanam Lidah Buaya Tanpa Akar? Seperti yang kita ketahui, lidah buaya merupakan tanaman tropis yang dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat. Nah, bagi anda yang ingin budidaya sendiri di rumah, berikut tips yang bisa anda ikuti.

 

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan nama latin Aloe Vera, mempunyai begitu banyak manfaat. Slaah satu kegunaan yang paling populer ialah manfaatnya dalam membantu proses pertumbuhan rambut. Bahkan sering digunakan pada produk-produk kecantikan.

Cara Menanam Lidah Buaya Tanpa Akar Dalam Polybag

Apa anda ingin menanam lidah buaya di rumah? Berikut tahap demi tahap yang bisa anda lakukan :

 

1. Menyiapkan Polybag atau Pot

Poin pertama yang perlu disiapkan untuk menanam lidah buaya tanpa akar ialah polybag. Dalam hal ini, anda membutuhkan media tanam yang nantinya akan dipakai untuk menanam lidah buaya.

 

Kenapa harus polybag? Polybag yang anda pakai bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari sisi ukuran atau hal lain yang nantinya bisa mempermudah proses penanaman.

 

2. Menyiapkan Media Tanam

Pada tahap kedua, anda harus menyiapkan tanah yang nantinya akan dimasukkan ke dalam polybag. Tanah ini diharuskan dalam kondisi kering.

 

Kenapa demikian? Lidah buaya sedikit berbeda dengan jenis tanaman lain yang umumnya memerlukan tanah lembab. Sedangkan lidah buaya, justru harus menyiapkan tanah kering.

 

3. Proses Penanaman Lidah Buaya

Anda harus memilih bibit lidah buaya (anakan) yang ukurannya masih kecil. Tentu kualitas juga harus unggul dengan ciri masih segar dan tidak ada bintik hitam pada daun.

 

Selanjutnya, tanam lidah buaya tersebut sama halnya menanam tumbuhan lain pada umumnya. Anda harus menancapkan lidah buaya ke dalam media tanam yang sudah disiapkan, lakukan dengan hati-hati agar bibit tidak rusak.

 

Penting pula anda perhatikan, saat menancapkan kedalam polybag. Disarankan untuk tidakmenancapkan terlalu dalam ataupun terlalu dangkal, sebab bisa menjadikan bibit lidah buaya membusuk. Sehingga nantinya lidah buaya bisa roboh dan mati.

 

4. Waktu Penyiraman

Sangat berbeda dengan tanaman lain, lidah buaya termasuk pada jenis tanaman yang tidak suka dengan air. Apabila anda terlalu banyak menyiramkan air, maka bisa memicu terjadinya pembusukan.

 

Jadi, cukup siram lidah buaya dengan air sedikit saja. Jangan terlalu banyak atau berlebih. Usahakan membuat tanah atau media tanam sedikit basah.

 

5. Proses Perawatan

Cara menanam lidah buaya dalam polybag untuk selanjutnya ialah memperhatikan teknik perawatan yang tepat. Baik dari sisi penyiraman, pemupukan, dan yang lainnya.

 

Untuk jenis pupuk yang bisa digunakan, berikan pupuk npk atau pupuk organik yang lain. Volume pemberian pupuk sekitar 2 gram setiap polybag atau media tanam dan dilakukan setiap dua minggu sekali.

 

Selain itu, anda juga harus memperhatikan pencahayaan tanaman lidah buaya. Letakkan pada area teduh namun sedikit terkena paparan sinar matahari.

Post a Comment

Post a Comment