81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Budidaya Tanaman Genjer Hidroponik

Bisa disebut jika Cara Budidaya Tanaman Genjer Hidroponik sangatlah mudah. Apalagi anda sudah paham dengan langkah-langkah serta mengenal habitat tumbuh tanaman air tersebut.

Seperti yang diketahui, Genjer atau yang juga dikenal dengan nama latin Limnocharis flava, merupakan jenis herba aquatic (air) yang tumbuh tegak tahunan.

Cara Budidaya Tanaman Genjer Hidroponik

Umumnya, tinggi tanaman ini mencapai 20 hingga 50 cm. Namun tergantung dengan dimana habitat tanaman itu tumbuh. Jika berada pada komposisi yang tepat, maka pertumbuhan akan lebih maksimal.
Sedangkan dari susunan daun, bernetuk roset, petiol 5 hingga 70 cm, sedikit tebal dengan banyak rongga udara yang membungkus pada bagian bawah daun.

Berdasar dari ada tidaknya batang, tumbuhan genjer termasuk pada jenis berbatang jelas. Hal tersebut dikarenakan tampak jelas batang genjer berbentuk bulat.

Bagaimana dari segi kegunaan dan manfaat? Mayoritas masyarakat di Indonesia memanfaatkan genjer sebagai pahan pangan alternatif (sayur) yang sering menjadi campuran pecel atau juga rujak.

Pasalnya, daun muda, tangkai dan daun dari genjer, bisa dikonsumsi. Meski tidak mempunyai rasa yang khas, namun genjer menjadi favorit jika sudah dipadukan dengan bumbu yang tepat.

Nah, bagaimana cara budidaya tanaman genjer? Menurut yang dirangkum dari beberapa sumber, genjer menyukai cahaya penuh, yang intinya akan tumbuh baik jia cukup asupan cahaya matahari.

Dalam hal ini, genjer bisa di budidayakan di kolam atau hidroponik. Bahkan bisa diperbanyak dengan langkah stek dan juga penanaman kembali benih.

Yang menjadi kelebihan dari genjer ialah tidak membutuhkan perawatan khusus. Terlepas dari itu, masa tanam hingga panen juga terbilang sangat singkat, yakni sekitar 60 hingga 90 hari.

Cara Menanam Genjer Dengan Sistem Hidroponik
Seperti penanaman tumbuhan hidroponik pada umumnya, cara membudidayakan genjer tidak mempunyai perbedaan yang mencolok.

Sebab hanya memanfaatkan media yang minimalis, namun lebih terfokus pada pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan beberapa barang bekas seperti sisa paralon, ember, dan juga beberapa media yang bisa menampung air. Untuk hasil yang lebih ringkas, mungkin paralon pilihan yang tepat untuk anda yang ingin budidaya sayur genjer.

Apa alasan orang merasa tertarik untuk budidaya genjer? Nah, seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang yang lebih suka dengan makanan praktis. Tidak terkecuali media tanam yang semakin di minimalisir lantaran terkendala dengan lahan atau sejenisnya.

Selain itu, genjer juga menjadi bahan pangan yang lazim dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan budidaya yang tepat, bisa mendatangkan pundi-pundi uang meski dalam skala kecil.

Lantaran genjer tidak membutuhkan perawatan, tentu tidak ada biaya yang harus anda keluarkan. Dengan kata lain, anda bisa menggunakan uang untuk kebutuhan yang lain.
Post a Comment

Post a Comment