81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Bagaimana Tips Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga? Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak digemari, sehingga tidak heran jika tips dan triks merawatnya pun banyak yang mencari.


Sekedar tambahan informasi, setidaknya ada lebih dari 2.500 jenis tanaman anggrek yang ada di dunia. Akan tetapi, belakangan ini diketahui jika jumlahnya berkurang lantaran kerusakan hutan yang semakin parah.

Tips Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Di Indonesia sendiri, mempunyai lebih dari 4000 jenis tanaman anggrek yang penyebarannya terbilang luas. Mulai dari Kalimantan, Papua, Sulawesi, Jawa, dan juga pulau lainya.


Tidak sedikit pecinta anggrek yang merasa kesulitan dalam merawatnya di rumah. Apalagi bagi mereka yang pemula sehingga tanaman tersebut tidak kunjung berbunga.


Nah bagi anda yang penasaran, berikut cara dan tips merawat bunga anggrek agar cepat berbunga. Apa saja?


1. Cukupi Asupan Sinar Matahari

Poin pertama ialah memperhatikan asupan cahaya matahari. Sebab cahaya matahari sangat penting dalam proses fotosintesis sekaligus membantu tanaman ini cepat tumbuh dan berbunga.


2. Memperhatikan Peletakan Anggrek

Penempatan pot bunga anggrek juga ikut berpengaruh pada tumbuh kembang tanaman tersebut. Dalam hal ini, anda perlu memperhatikan ketinggian tepat.


Tanaman anggrek akan cepat tumbuh pada daerah yang mempunyai iklim tropis dan juga ketinggian tempat untuk menanam bunga tersebut.


3. Memperhatikan Sirkulasi dan Kelembapan Udara

Secara dasar, bunga anggrek suka pada tempat yang sirkulasi udaranya lancar. Jika memang dimungkinkan, taruh pada area yang terkena angin terus-menerus yang sepoi-sepoi dan tidak terlalu kencang. 


4. Memperhatikan Fotoperioditas dan Faktor Genetis

Faktor Fotoperioditas merupakan waktu pencahayaan terhadap tanaman anggrek. Durasi pencahayaan mempunyai dampak pada hormon tanaman anggrek yang bisa memicu pembentukan bunga.  Anggrek akan sulit berbunga saat periode gelap, namun lebih cepat tumbuh jika diletakkan pada area yang terang.


Sedangkan untuk faktor genetis dibawa dari indukan anggrek. Ada tanaman anggrek yang memang cepat tumuh bunga, namun ada pula yang sebaliknya.


5. Memperhatikan Media Tanam

Supaya anggrek lebih cepat berbunga, maka anda perlu memperhatikan kandungan air pada media tanam yang digunakan. Jika cuaca panas, maka lakukan penyiraman dua kali sehari (pagi dan sore).


Akan tetapi, jika sedang musim penghujan, tentu anda tidak perlu menyiram ulang. Selain itu, anda juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk menyiram anggrek.


6. Berikan Pupuk Secara Rutin

Agar anggrek rajin dan cepat berbunga, maka bisa ditambah dengan pemberian pupuk ZPT. Akan tetapi, bisa pula menggunakan bahan alternatif seperti air kelapa.


Poin pentingnya, anda harus memperhatikan kandungan air kelapa tersebut. Umumnya mempunyai konsentrasi sebesar 10% (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot untuk 1 liter).


7. Jaga Dari Serangan Hama

Tidak berbeda dengan jenis tanaman lain, bunga anggrek pun harus dijaga dari serangan hama dan penyakit. Anda harus rajin membersihkan dari kotoran (gulma), serangan hama, ataupun daun yang sudah membusuk.


Alternatif sederhana yang bisa digunakan untuk mencegah dan membersihkan hama ialah dengan pemberian atau pemakaian pestisida.

Post a Comment

Post a Comment