81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Merawat Bunga Aster Agar Rajin Berbunga

Bagaimana Cara Merawat Bunga Aster Agar Rajin Berbunga? Bagi para pemburu tanaman hias, khususnya kalangan pemula. Sering merasa bingung membedakan antara bunga aster dan krisan. Bahkan sering terbalik menyebut dua bunga tersebut.


Nah, membahas tentang bunga aster, tanaman ini tergolong pada jenis bunga yang mempunyai masa hidup annual, yang artinya hanya sekali hidup. Sehingga butuh langkah yang benar agar pertumbuhannya maksimal dan bisa menghasilkan bunga yang lebat.

Cara Merawat Bunga Aster Agar Rajin Berbunga

Setidaknya, ada beberapa poin yang bisa anda lakukan agar bunga aster bisa tumbuh maksimal. Beberapa diantaranya ialah cara penanaman dan juga cara perawatan


Pertanyaannya, bagaimana cara merawat bunga aster agar rajin berbunga? Berikut kami rangkum beberapa tips cara menanam dan merawat bunga aster di rumah :


Cara Menanam Bunga Aster

Dikutip dari beberapa sumber, cara menanam bunga aster sangatlah mudah. Langkah yang harus anda lakukan ialah :

  • Poin pertama ialah dengan menyiapkan bunga aster. Selanjutnya memilih media tanam yang sesuai agar tanaman bisa tumbuh optimal. Dalam hal ini, bunga aster bisa ditanam pada media pot atau polybag. Yang terpenting ialah persiapan media tanam seperti humus atau pupuk kandang.
  • Poin kedua ialah dengan memilih tempat untuk meletakkan bunga tersebut pada area yang tergolong sejuk (ternaungi) dengan intensitas penyinaran matahari yang cukup.
  • Ketiga, anda bisa memindahkan bibit bunga dari media tanam yang sebelumnya pada media tanam yang baru.
  • Langkah penyiraman, bisa dilakukan secara rutin dan berskala. Jika cuaca memang dalam keadaan panas, maka tanaman tersebut akan kering. Jadi, lakukan penyiraman sehari atau menyesuaikan agar media tanam tidak sampai kering.
  • Poin yang terakhir ialah tidak lupa menaburkan mulsa (serpihan kayu atau plastik) pada sekitar area tanaman aster. Langkah ini bertujuan agar mencegah tumbuhnya rumput liar.


Langkah Perawatan Bunga Aster

  • Penyiraman pada bunga aster sangat penting untuk diperhatikan. Khususnya pada tanaman aster yang sudah dewasa, anda butuh menyiramnya sebanyak 2 kali sehari.
  • Poin perawatan yang kedua ialah dengan memperhatikan tingkat kelembapan media tanam. Saat volume penyiraman sudah dijaga, maka anda harus menghindari air yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Sebab bunga aster sangat suka dengan media tanam yang lembab.
  • Memperbanyak cabang, dengan semakin banyaknya cabang, maka bunga aster akan makin banyak bunga yang bermekaran muncul dari bagian ujung cabang.
  • Membersihkan dan Menghindari hama. Bunga aster sangat sering dihinggapi berbagai jenis serangga, hama dan juga debu. Dalam hal ini, anda harus rajin menyemprot bunga aster dengan cairan anti hama, contohnya ialah furadan.
  • Lakukan pemangkasan pada daun yang sudah layu. Kondisi daun yang sudah layu akan sangat mudah membusuk, bahkan bisa memicu penyakit pada tanaman aster. Jadi jika daun sudah tua ataupun layu, segera pangkas dan buang.


Sekian sedikit ulasan tentang Cara Merawat Bunga Aster Agar Rajin Berbunga. Semoga bisa membantu!

Post a Comment

Post a Comment