81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Semakin dikenal, buah naga menjadi salah satu buah yang di favoritkan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, banyak orang yang juga tertarik untuk menanamnya.


Buah naga sendiri mempunyai warna yang cerah serta kandungan air yang sangat tinggi. Bagaimana cara menanamnya? Buah ini sangat baik jika ditanam di dataran rendah dengan ketinggian antara 20 hingga 500 mdpl.

Tips Dan Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Tata cara penanaman pun harus dilakukan dengan tepat. Sebab jika salah langkah, justru bunganya akan rontok dan tentunya gagal penyerbukan yang sekaligus tanaman tersebut tidak akan berbuah.


Selain itu, tanaman buah naga juga membutuhkan air yang cukup. Sebab batangnya tidak tahan kering, namun juga akan membusuk jika kelebihan air.


Ingin mencoba menanam sendiri buah naga di rumah? Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

 

1. Memilih Pot

Dalam hal ini, anda harus mencari pot dengan diameter minimal 40cm, sedangkan untuk tingginya 40cm. Dikarenakan buah naga bisa tahan hingga 20 tahun, maka pilih pot yang kuat dan sesuai.


2. Memilih Bibit

Bibit yang sehat tidak ada bercak dan tentunya tampak lebih segar. Sebab bibit yang buruk hanya akan menghasilan pohon yang tinggi tanpa buah.


3. Buat Tiang

Meski bisa tumbuh menjulang tinggi, namun batang buah naga tidak kokoh. Sebab buah naga tergolong pada jenis kaktus yang batangnya hanya berisi air.


Buatlah tiang sebagai penyangga, serta kreasikan sendiri agar batang buah naga bisa merambat dengan maksimal.


4. Membuat Media Tanam

Buah naga sulit tumbuh pada media tanam yang sangat basah. Bahkan setelah turun hujan, anda harus mengeringkan media tanam yang dipakai.


Bahan yang baik untuk media tanam ialah : tanah, pasir, pupuk kandang, batu bata merah / kerikil, dan kapur pertanian.


Selanjutnya, masukkan semua bahan tadi (hancurkan terlebih dahulu) ke dalam pot. Tujuan pemberian kerikil agar berfungsi sebagai porositas agar air tidak menggenang.


5. Memindahkan Bibit ke Pot

Masukkan bibit buah naga pada pot yang sudah di isi media tanam. Pastikan tiang penyangga terpasang baik. Dan berikan tekanan agar media tanam menjadi kokoh.


Letakkan pot yang sudah ditanami bibit pada area yang sedikit teduh. Biarkan bibit hidup, setidaknya 1 hingga 2 minggu.


Jika sudah ada tanda kehidupan, seperti halnya muncul tunas baru, maka pot bisa dipindahkan pada area yang terpapar sinar matahari secara langsung.


6. Penyiraman Dan Pemangkasan

Siram tanaman buah naga secara rutin, namun hindari air menggenag. Apabila musim kemarau, siram 2 kali sehari.


Selanjutnya, anda bisa memangkas sulur buah naga ang tidak sehat. Pangkas pula tunas baru apabila terlalu banyak.


7. Pemupukan

Pupuk sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah naga. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk buatan.


Ketika tanaman sudah siap berbuah, gunakan pupuk dengan kandungan P dan K-nya tinggi. Contoh paling sederhana ialah pupuk kandang dari kotoran kambing.


Selain beberapa langkah penanaman dan perawatan diatas, anda juga perlu menyiangi gulma yang tumbuh di dalam pot. Bersihkan rumput yang bisa mengambil nutrisi yang seharusnya diambil oleh buah naga.

Post a Comment

Post a Comment