81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Botol Bekas

Bagaimana Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Botol Bekas? Pertanyaan ini tentunya sudah terjawab jika anda menyimak ulasan ini hingga tuntas. Yuk baca bersama!


Lazim diketahui, selada merupakan tumbuhan sayur yang banyak ditemui pada wilayah yang mempunyai iklim tropis ataupun sedang.

Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Botol Bekas

Umumnya, sayuran dengan daun hijau dan lebar ini, dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan burger, salad, ataupun topping pada gado-gado.


Sekedar untuk tambahan informaso, selada mempunyai nama latin Lactuca sativa dan dipercaya berasal dari timur Laut Tengah.


Mulanya, selada banyak dipakai untuk obat serta minyak bijinya dimanfaatkan unutk dimakan. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mengkonsumsi daun selada sebagai sayur.


Bagaimana jika selada ditanam secara hidroponik? Dalam hal ini, setidaknya ada beberapa kelompok budidaya selada, yakni kepala renyah, kepala mentega, selada cos, dan juga selada daun longgar.


Selada sendiri bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Bahkan cara ini cukup populer lantaran tidak menghabiskan banyak lahan.


Penelitian tentang metode hidroponik pun sudah dilakukan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika selada menerapkan sistem tersebut.


Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Botol Bekas

Tips dan cara menamam selada hidroponik sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan bisa dikatakan jika menanam selada dengan sistem ini bisa mempermudah perawatan dan cepat panen.


Salah satu sistem hidroponik yang tidak kalah populer ialah memanfaatkan botol bekas. Untuk mengetahui tipsnya, simak penjelasan berikut :

  • Siapkan bahan dan juga alat yang dibutuhkan. Pertama ialah botol bekas, gunting atau pisau, media tanam rockwool, sumbu kompor atau kain fanel, bibit selada, dan air nutrisi.
  • Potong botol bekas hingga menjadi dua bagian (usahakan bagian bawah lebih panjang). Lubangi bagian tutup botol agar bisa dilewati sumbu atau kain flanel. Masukkan sumbu ke lubang tersebut.
  • Siapkan bibit dan semai di rockwool yang sudah dibasahi. Tempatkan rockwool pada area yang teduh hingga benih selada tumbuh.
  • Jika benih sudah tumbuh, letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari. Usahakan jaga agar media tanam selalu basah serta memperoleh sinar matahari yang cukup.


Langkah Penanaman Selada Hidroponik

Ketika benih selada sudah mempunyai 2 hingga 4 helai daun, maka benih tersebut sudah bisa dipindahkan pada media botol bekas. Caranya ikuti langkah berikut :

  • Campur air biasa dengan nutrisi hidroponik dan masukkan ke dalam bagian bawah botol bekas.
  • Pindah rockwool yang terisi benih ke dalam bagian atas botol. Pastikan sumbu sudah terpasang dengan baik untuk jalur masuk nutrisi ke tanaman.
  • Letakkan bagian atas botol tadi pada bagian bawah botol yang sudah berisi benih. Pastikan sumbu menyentuh air nutrisi, sehingga bisa terserap dan tersalur pada akar tanaman.
Post a Comment

Post a Comment