81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Tanam Jambu Kristal Agar Cepat Berbuah

Sekedar untuk tambahan referensi, jambu kristal merupakan salah satu hasil percobaan dari pengembangan jamu biji. Sedangkan untuk jambu biji sendiri, tampak kurang diminati lantaran rasanya yang sepat dan mempunyai banyak biji.


Bagaimana dengan jamu kristal? Jami ini kian banyak diminati dikarenakan bijinya yang hampir tidak ada. Bahkan peminatnya sudah mencapai kalangan atas.

Tips Tanam Jambu Kristal Agar Cepat Berbuah

Tidak mengurangi manfaat jamu biji, jambu kristal juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik. Mulai dari vitamin A, kalium, vitamin C dan Antioksidan.


Kandungan ini mempunyai peranan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta terbilang efektif untuk mencegah radikal bebas dan penyakit kanker.


Nah sebelum anda benar-benar menanam jambu kristal, poin pertama yang harus diketahui ialah dengan memahami syarat tumbuh dari tanaman tersebut.


Tanaman jambu kristal suka hidup pada lingkungan yang mempunyai iklim tropis. Tingkat kelembapan yang baik berkisar antara 70% hingga 90%.

 

Jambu kristal juga bisa ditanam pada dataran dengan ketinggian 50 hingga 1000 mdpl. Sedangkan untuk suhu terendah tidak boleh melebihi 15 derajat Celcius dan maksimal 34 derajat Celcius. Ingin menanam jamu kristal di rumah? Perhatikan langkah berikut :


1. Mempersiapkan Bibit

Bibit yang baik mempunyai ciri batang yang kuat, tumbuhnya tidak kerdil, berdaun rimbun, serta tidak terserang hama atau penyakit.


Umumnya, bibit dengan kualitas bagus dihasilkan dari proses stek batang (cangkok) dibanding dengan proses kembangbiak biji. Pilihlah bibit yang memang bagus dengan tinggi antara 50 hingga 100 cm.


2. Proses Penanaman

Umumnya tanaman jambu kristal ditanam pada area khusus. Akan tetapi, apabila anda tidak mempunyai lahan, bisa pula ditanam pada media pot atau polybag.


Siapkan lahan yang sudah diberikan lubang selama 2 minggu sebelum bibit ditanam.
Biarkan lahan tersebut terkena paparan sinar matahari selama 7 hari.


Tambah pupuk pada sepertiga lubang serta biarkan selama 3 hari sebelum bibit ditanam.
Siram tanah untuk menjaga kelembapan dan jaga sirkulasi air dengan sistem yang baik.


3. Langkah Penanaman Dan Perawatan

Dari sisi penyiraman, anda bisa melakukannya sebanyak 1 kali sehari jika memang cuaca dalam keadaan panas. Akan tetapi, pastikan daerah sekitar akar tetap lembab.


Jika sedang dalam musim penghujan, hentikan penyiraman agar akar tidak busuk. Berikan pupuk jika bibit sudah berusia 3 bulan.


Selain itu, anda perlu membersihkan gulma yang ikut tumbuh bersama jambu kristal. Nah, untuk memastikan pohon memang tumbuh kuat, jaga agar pohon tidak berbuah selama 1 tahun pertama.


Lakukan pemangkasan agar tidak tumbuh lebih dari 2 meter. Tujuan dilakukannya langkah ini, agar pohon lebih produktif serta nantinya akan mempermudah proses pembungkusan buah.


4. Menikmati Hasil Panen

Panen jambu kristal terbagi dengan dua masa, yakni pra panen dan panen. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak rincian berikut :


=> Masa Pra Panen

Sebelum memanen, buah yang sudah muncul akan lebih baik dibungkus terlebih dahulu. Langkah ini ditujukan agar bisa melindungi buah dari serangan hama atau penyakit.
Pembungkusan sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan plastik ataupun kertas.


=> Masa Panen

Saat buah sudah matang, tentu masa panen pun sudah tiba. Anda bisa memanen buah tersebut di pagi hari. Sebab sinar matahari bisa berpengaruh pada kondisi buah.

Post a Comment

Post a Comment