81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Ekor Tupai

Ada begitu banyak jenis tanaman hias yang mungkin belum dikenal oleh semua orang. Termasuk juga tanaman ekor tupai yang belakangan digemari oleh pecinta tanaman hias.


Bisa disebut jika tanaman ekor tupai merupakan tanaman yang unik. Sebab bentuknya yang memanjang dan mengerucut, hampir sama atau setidaknya menyerupai ekor tupai.

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Ekor Tupai

Hal ini pula yang membuat tanaman ekor tupai semakin dikenal. Bahkan harga dari tanaman ini juga semakin melambung tinggi.


Jika dibahas lebih lanjut, tanaman ekor tupai mempunya nama ilmiah asparagus densiflorus, assparagus fern, plume asparagus, hingga foxtail fern.


Nah jika anda mempunyai niat untuk merawat tanaman ekor tupai, sebelumnya perlu mengenali terlebih dahulu karakteristik dari tanaman tersebut.


Ciri khas yang paling mencolok ialah bentuk daun yang kecil, rimbun, dan mengerucut layaknya ekor tupai. Daunnya hampir seprti jarum berwarna hijau cerah tumbuh menyelimuti batang yang berdiri tegak dan kaku.


Umumnya, daun ekor tupai mempunyai panjang sekitar 38 cm hingga 46 cm. Dikarenakan tanaman ini sangat mudah tumbuh, maka sangat mudah untuk merawatnya sendiri dirumah.


Pertanyaannya, bagaimana cara menanam tanaman ekor tupai? Jika melansir dari berbagai sumber, terdapat langkah-langkah sederhana agar tanaman anda bisa tumbuh maksimal.


Secara dasar, cara menanam ekor tupai tidak berbeda dengan tanaman hias lain. Anda pun bisa memperbanyak dengan menyemai benih atau bisa juga dengan indukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tahapan berikut :

  1. Pilih indukan yang mempunyai kualitas baik serta tidak cacat ataupun terkena penyakit.
  2. Anda bisa menanam bibit pada pot atau bisa juga ditanam langsung di tanah.
  3. Perlu diperhatikan, pH tanah harus sekitar 5 hingga 8, akan tetapi jika tanah mempunyai pH dibawah 5, maka bisa dilakukan pengapuran dengan menambah dolit.
  4. Sebelum menanam, lakukan proses penggemburan serta pemupukan agar tanah mempunyai banyak nutrisi.
  5. Buat lubang tanam sedalam 5cm, dengan jarak lubang tanam sekitar 10 cm hingga 20 cm.
  6. Siapkan campuran tanah dan pupuk kompos, arang sekam atau arang sekam dengan perbandingan 2:1:1.
  7. Setelah lubang tanam sudah dibuat, masukkan bibit bunga ekor tupai dan tutup dengan tanah.
  8. Siram tanah pada media tanam dengan metode semprot (spray) dengan takaran secukupnya.


Bagaimana dengan langkah perawatan? Bisa disebut jika merawat tanaman ekor tupai tidaknya sulit. Sebab tanaman ini bisa beradaptasi dengan baik serta disarankan disimpan pada tempat yang sedikit ternaungi. Langkah perawatan yang bisa anda lakukan ialah :

  • Perhatikan tingkat kelembapan tanah, jika sudah mulai mengering, maka bisa disiram secukupnya.
  • Saat menyiram, upayakan tidak ada air yang tergenang. Tujuannya ialah untuk menghindari busuk akar.
  • Lakukan penyiangan serta pemupukan setiap 3 minggu sekali. Bisa dengan pupuk NPK ataupun pupuk daun.
  • Lakukan pemangkasan setiap bulan untuk meregenerasi tanaman.
Post a Comment

Post a Comment