81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Merawat Tanaman Hias Fittonia

Seperti yang kita ketahui, Tanaman Hias Fittonia merupakan jenis tanaman yang masih tergolong dari keluarga Acanthaceae dan mengandalkan keindahan daun untuk menarik peminat.


Meski terbilang kalah dengan Aglaonema, nyatanya keindahan tanaman ini juga mempunyai kelebihan tersendiri. Termasuk juga dari sisi daun yang berukuran sedang, sehingga cocok untuk ditanam pada pot kecil dan diletakkan dalam ruangan.

Tips Dan Cara Merawat Tanaman Hias Fittonia

Terlebih lagi, Fittonia juga merupakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari penuh, sehingga sangat baik untuk tanaman gantung atau area yang minim paparan sinar matari.


Jika melihat beberapa sumber, terdapat 2 jenis tanaman hias fittonia, yakni Fittonia Argyroneura dan juga Fittonia Verschaffeltii. Tentu keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Beralih pada pembahasan lain, bagaimana cara merawat tanaman fittonia? Cara untuk merawat tanaman hias ini tidaklah sulit. Sebab hanya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.


1. Media Tanam

Untuk menanam fittonia ini, akan lebih baik jika anda mempergunakan media tanam dengan komposisi 1/3 bagian tanah biasa, 1/3 bagian pasir, dan 1/3 bagian lagi menggunakan pupuk kandang.


Akan tetapi, untuk memperoleh media tanam yang lebih sesuai, anda bisa menambahkan 1 sdm kapur dan 1 lapis pecahan batu merah pada bagian dasar pot. Penting pula diketahui, media tanam ini perlu diganti setiap 1 tahun sekali.


2. Pencahayaan

Tanaman hias ini sangat menyukai tempat yang teduh, sehingga saat ditaruh dalam ruangan, anda cukup memanfaatkan lampu untuk memberikan intensitas cahaya yang dibutuhkan.


Sedangkan jika anda menaruhnya di luar rumah, anda harus memastikan bahwa tanaman ini tidak terkena sinar matahari secara langsung pada siang hari. Sebab hanya akan menyebabkan daunnya layu.


3. Temperatur Udara

Fittonia merupakan jenis tanaman yang sangat sensitif dengan suhu, sehingga sangat cocok untuk tumbuh pada tempat yang malam hari mempunyai suhu 17,5-20 derajat Celcius.


Sedangkan untuk siang hari mempunyai suhu antara 22,5 hingga 27,5 derajat Celsius. Apabila suhu terlalu tinggi atau panas, umumnya fittonia akan layu dan kemudian mati. Bahkan jika terlalu dingin, justru akan memperlambat pertumbuhan.


4. Kelembapan Udara

Perlu anda ketahui, Fittonia sangat menyukai area atau tempat yang mempunyai tingkat kelembapan tinggi, yakni lebih dari 50%. Dengan demikian, pertumbuhan akan maksimal, dan tentunya akan lebih sehat.


5. Penyiraman

Untuk menjaga kelembapan yang menjadi poin plus, tentu anda perlu menyiram tanaman ini setiap hari. Poin ini sangat penting untuk menjaga media tanam selalu lembab.


6. Pemupukan

Setiap satu bulan sekali, tanaman fittonia bisa diberi pupuk agar bisa tumbuh subur. Jika masih diletakkan pada pot baru atau penanaman awal, bisa dipupuk setelah berumur 4 bulan.


Pupuk yang baik ialah organik, dikarenakan pupuk kimia biasanya tidak cocok dengan tanaman fittonia. Bahkan penggunaan pupuk kimia bisa menyebabkan tanaman ini mati.

Post a Comment

Post a Comment