Calathea Bulu Ayam, Tanaman Hias Cantik Dengan Harga Murah - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Wednesday, September 30, 2020

Calathea Bulu Ayam, Tanaman Hias Cantik Dengan Harga Murah

Dilihat dari bentuk daunnya, Calathea Bulu Ayam merupakan jenis tanaman hias yang juga tidak kalah menarik. Bahkan belakangan ini, tanaman bulu ayam tersebut semakin familiar dan digandrungi oleh penggemar tanaman.


Nah, jika anda mempunyai rencana untuk membuat tanaman vertikal, maka alternatif yang bisa anda pakai untuk menyusun pot ialah besi ataupun kayu yang didesain sedemikian rupa.

Calathea Bulu Ayam, Tanaman Hias Cantik Dengan Harga Murah

Sedangkan jika anda mempunyai rencana untuk membuat tanaman horizontal, maka bisa membuat border taman yang menarik. Termasuk juga dengan menambahkan tanaman hias calathea bulu ayam.


Tanaman ini juga sering disebut dengan maranta keris, pasalnya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski ditempatkan apda area yang mempunyai unsur hara minim.


Bentuk daun yang kecil serta bisa membesar berbentuk ramping, bahkan sedikit berombak dengan bercak indah pada bagian atas dan bawah. Menjadikan meranta keris semakin populer di kalangan penggemar tanaman.


Uniknya, meranta keris bisa digunakan atau ditambahkan sebagai komponen taman ataupun pot. Terlebih lagi, tanaman ini lebih suka tanah organik yang kaya akan unsur hara serta sistem drainase yang baik dan pencahayaan yang tersaring.


Pertanyaannya, bagaimana sih cara merawat tanaman hias calathea bulu ayam? Jika anda membaca dari berbagai sumber di internet, tentunya akan menjumpai berbagai tips yang menjadikan anda lebih mudah dalam penerapan.


Dari sisi penanaman, meranta keris bisa ditanam pada media pot ataupun ditanam langsung pada tanah di area taman. Dikarenakan tanaman ini bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah, tentu perawatannya pun lebih mudah.


Cara Menanam Dan Langkah Perawatan Yang Tepat

  • Untuk ukuran wadah atau pot, usahakan menggunakan diameter kurang lebih 25cm.
  • Penyiraman awal (sejak tanam) sekitar 1 hingga 2 hari sekali. Selanjutnya bisa 2 hari sekali untuk perawatan.
  • Penyimpanan setelah penanaman awal, setidaknya terpapar sinar matahari sebanyak 25% atau berada di bawah naungan yang teduh. Selanjutnya, bisa minimal 50% hingga maksimal 99%.
  • Pemupukan awal tanam bisa dilakukan sebanyak 1 kali dalam sebulan. Namun selanjutnya bisa 2 minggu 1 kali, tergantung dengan kondisi tanaman. Rekomendasi merk pupuk yang cocok ialah NPK atau pupuk daun.


Tips lanjutan :

Dari keterangan yang sudah kami tulis diatas, intinya anda harus meletakkan tanaman calarhea bulu ayam ditempat yang teduh selama proses adaptasi dengan lingkungan.


Namun jika sudah tumbuh maksimal, dan sekiranya bisa menyesuaikan dengan media tanam. Anda bisa meindah tanaman tersebut pada tanah atau media tanam lain yang sudah anda siapkan sebelumnya.


Selain mempunyai bentuk yang indah, meranta keris menjadi favorit lantaran harganya yang murah. Terlebih lagi, perawatan yang dibutuhkan tidak serumit seperti jenis tanaman hias yang lain.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done