Tanaman Hias Rambat Yang Tidak Merusak Dinding - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Friday, October 2, 2020

Tanaman Hias Rambat Yang Tidak Merusak Dinding

Adakah Tanaman Hias Rambat Yang Tidak Merusak Dinding? Seperti yang diketahui, tanaman rambat merupakan salah satu jenis tanaman hias yang bisa menjadi pilihan ketika anda hendak mempercantik hunian.


Apabila anda masih ragu untuk menanamnya, dengan alasan takut tembok atau pagar menjadi rusak. Jangan terlalu khawatir, pasalnya terdapat jenis tanaman rambat yang tentunya tidak menyebabkan dinding menjadi rusak.

Tanaman Hias Rambat Yang Tidak Merusak Dinding

Pada dasarnya, tanaan rambat bisa ditemukan dengan mudah di dasar hutan. Sehingga sebagian besar tanaman jenis ini hanya memerlukan sedikit paparan sinar matahari.


Lantaran tanaman ini lebih cenderung mempunyai batang yang lemah, maka memerlukan beberapa organ seperti sulur, duri, atau agar menggantung supaya bisa menumpang pada struktur lain yang ada di sekitarnya.


Jika anda memang penasaran, berikut beberapa jenis tanaman rambat yang tidak merusak dinding rumah. Apa saja?


1. Mandevilla

Tanaman rambat ada yang mempunyai bunga dan juga tidak. Akan tetapi, mandevilla masuk pada jenis tamanan rambat yang tidak merusak dinding namun juga mempunyai bunga yang indah.


Bunga dari tanaman ini berwarna putih, merah, dan pink. Bahkan aroma yang dikeluarkan pun sangat harum, sehingga bisa menciptakan perasaan nyaman di halaman rumah.


Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah berkembangbiak, khususnya di Indonesia yang mempunyai iklim tropis.


2. Common Ivy / English Ivy (Hedera Helix)

Tanaman ini pertumbuhannya merambat dan bisa dengan mudah menjalar di dinding-dinding rumah. Meski terjadi perubahan musim, Common Ivy tidak kehilangan warna, bahkan daunnya selalu berwarna hijau.


Ranting akan menjulur mengitari dinding atau pagar rumah, akan tetapi strukturnya cenderung lemah sehingga tidak akan merusak.


Mulanya, tanaman ini tumbuh di kepulauan Macronesia, namun menyebar hingga ke Mediterania, Eropa, dan bahkan ke Asia. Warna daunnya akan membuat taman tampak lebih asri dan segar.


3. Morning Glory

Bisa disebut jika morning glory masuk pada jenis tanaman rambat berbunga yang tidak terlalu sulit untuk ditanam.


Namun terkadang tidak sedikit orang yang lalai merawatnya, sehingga menjadikan tanaman ini berkumpul menjadi tanaman semak.


Bunga dari morning glory akan mulai mekar dan mengeluarkan wangi segar di pagi hari. Terlebih lagi, warna dari bunga sangat mencolok, sehingga sangat banyak orang yang membudidayakan.


Terlepas dari itu, tanaman ini juga bisa menjaga kelembapan dinding rumah serta melindungi dari air hujan dan panasnya terik matahari. Bahkan akar dan batangnya tergolong lemah, sehingga tidak akan merusak atau bahkan menimbulkan keretakan pada dinding.


4. Air Mata Pengantin

Mempunyai akar yang cenderung lemah, membuat tanaman air mata pengantin tidak akan menimbulkan kerusakan pada dinding rumah.


Terlepas dari itu, tanaman ini juga akan melindungi dinding dari efek perubahan iklim. Hal ini dikarenakan tanaman ini tumbuh lebat, sehingga dinding tidak akan menyerap air lantaran dilindungi oleh daunnya.


Bunganya pun tidak kalah indah dan terbagi menjadi dua varian warna, yaitu merah muda dan putih.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done