81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Kelebihan Dan Kekurangan Bertanam Tanaman Hias Dengan Hidroponik

Untuk saat ini, mencari informasi tentang Kelebihan Dan Kekurangan Bertanam Tanaman Hias Dengan Hidroponik sudah bukan suatu hal yang sulit. Sebab sudah banyak petani modern yang berbagi mengenai tips tersebut, bahkan bisa ditelusuri melalui sambungan internet.


Perlu diketahui, meski hidroponik dianggap sebagai sistem bercocok tanam yang revolusioner, akan tetapi juga ada kelebihan dan kekurangan yang patut anda ketahui. Sehingga saat anda hendak memulai metode cocok tanam secara hidroponik, perlu memperhatikan terlebih dahulu beberapa poin tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Bertanam Tanaman Hias Dengan Hidroponik

Ketika menggunakan hidroponik, ada beberapa teknik khusus yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan sekaligus biaya yang dimiliki. Dengan tujuan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, banyak macam media tanam yang bisa dimanfaatkan, seperti kerikil, pasir, sekam, cocopeat, dan rockwool.


Nah, yang menjadi topik kali ini ialah tentang kelebihan dan kekurangan dari sistem hidroponik. Untuk bisa menjawab rasa penasaran anda, berikut rincian yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.


Keunggulan Atau Kelebihan Hidroponik

Dengan menerapkan sistem tanam hidroponik, maka anda akan memperoleh beberapa manfaat yang sekaligus menjadi kelebihan dari metode tanam tersebut. Apa saja?

  • Tidak membutuhkan tanah dan area yang luas. Meski pada area yang sempit, anda tetap bisa berkebun. Bahkan lokasi tetap bersih karena tidak menggunakan tanah.
  • Pertumbuhan tanaman lebih cepat lantaran nutrisi tanaman terpenuhi, yakni dibantu dengan pupuk dan air nutrisi.
  • Tidak membutuhkan penyiraman lantaran sudah menggunakan air.
  • Lebih praktis dan efisien, tidak membutuhkan tenaga banyak, bahkan tidak perlu melakukan pengolahan lahan. Bahkan proses panen akan lebih mudah.
  • Hasil panen cenderung lebih banyak dan lebih cepat. Terlebih lagi, hasil panen lebih steril lantaran terbebas dari pestisida atau bahan kimia berbahaya.
  • Risiko terkena hama akan lebih kecil, tidak tergantung cuaca, sehingga anda tetap bisa bercocok tanam kapanpun.
  • Penggunaan pupuk akan lebih hemat dan efisien.


Kelemahan Atau Kekurangan Hidroponik

Selain kelebihan, tentu anda juga penasaran dengan kekurangan yang ada pada sistem tanam hidroponik. Apa saja?

  • Hidroponik cenderung membutuhkan modal yang lebih besar. Sehingga sistem ini hanya cocok diterapkan untuk cocok tanam dalam skala besar. Tujuannya ialah untuk meminimalisir modal.
  • Perangkat pemeliharaan terbilang masih langka serta beberapa alat hidroponik masih sulit untuk didapat. Kondisi ini tentunya akan membuat anda sulit saat membutuhkan perawatan dengan alat tertentu.
  • Hidroponik memerlukan ketelitian ekstra, sebab anda harus memperhatikan dan mengontrol nutrisi yang diberikan pada tumbuhan, tidak terkecuali kadar keasaman pH.
  • Investasi untuk hidroponik terbilang tinggi. Biaya yang dibutuhkan banyak dikeluarkan untuk membeli peralatan, perlengkapan, dan juga biaya pemeliharaan.
  • Membutuhkan keterampilan khusus, sehingga menuntut anda untuk memiliki kreatifitas tinggi dalam membuat aneka peralatan hidroponik sendiri. Tujuannya supaya anda tidak perlu membeli dengan harga mahal.

Apa uraian diatas sudah bisa menjawab semua pertanyaan anda? Silahkan beri tanggapan untuk menambahkan!

Post a Comment

Post a Comment