81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot Agar Tidak Busuk

Untuk jaman seperti sekarang, tidaklah sulit mencari informasi tentang Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot Agar Tidak Busuk. Salah satunya pada blog sederhana yang kami rawat ini. Nah, bagi anda yang memang penasaran, simak ulasan ini hingga tuntas.


Tidak bisa dipungkiri, daun bawang menjadi salah satu bahan pelengkap dalam masakan. Bahkan bahan ini sangat populer dan umum digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot Agar Tidak Busuk

Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, tidak ada salahnya jika anda menanamnya sendiri rumah. Langkah ini sebagai solusi yang paling mudah untuk mencegah habisnya persediaan bawang dirumah. Berikut langkah-langkahnya!


1. Menyiapkan Polybag Atau Pot Sebagai Media Tanam

Sebelumnya, anda bisa menyiapkan media tanam yang paling mudah didapat, baik itu polybag ataupun pot. Akan tetapi, anda juga bisa memanfaatkan botol bekas, kaleng, ember, atau barang-barang tidak terpakai lainnya.


Sedangkan untuk media tanam tanah, pakailah tanah yang subur, gembur, serta mengandung banyak unsur hara. Sangat baik jika anda memperhatikan pH tanah, mulai dari 6,5 hingga 7. Selanjutnya campur tanah tersebut dengan pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 2:1.


2. Memilih Bibit Daun Bawang Yang Baik

Setelah media tanam dibiarkan selama kurang lebih 5 hingga 7 hari, maka anda bisa menyiapkan bibit daun bawang yang akan ditanam. Tidak harus membeli di toko atau di pasar, cukup gunakan yang sudah ada di rumah.


Pilihlah daun bawang yang akarnya masih terlihat utuh, kemudian siram dengan air untuk menjaga kesegaran bibit. Kemudian potong bagian atas daun bawang dengan ukuran 12 hingga 15 cm.


3. Menanam Daun Bawang Dalam Pot

Setelah semua siap, untuk melanjutkan proses penanaman ialah dengan memindah bibit tadi ke dalam media tanam. Pastikan dulu akar bibit tidak ada yang rusak atau putus.


Buat lubang tanam pada media sesuai ukuran bubut, dan masukkan bibit tadi sembari sedikit ditekan pada sekitarnya supaya padat dan kokoh. Siram secukupnya serta letakkan pada area yang teduh selama beberapa hari.


4. Proses Pemeliharaan Daun Bawang

  • Supaya bibit bisa tumbuh dengan sempurna, maka anda pun perlu melakukan perawatan. Hal ini mencakup penyiraman, penyiangan, serta penanggulangan hama dan penyakit.
  • Siramlah bibit seperlunya, jangan sampai media tanam kering atau terlalu lembab. Sebab jika terlalu lembab hanya akan menyebabkan jamur dan bakteri bisa berkembang dengan cepat.
  • Lakukan penyiangan secara rutin, setidaknya dengan mencabut rumput yang tumbuh pada sekitar bibit. Tujuannya supaya pertumbuhan bibit tidak terganggu.
  • Jika memang dibutuhkan, anda juga perlu menanggulangi hama atau penyakit, akan lebih baik jika dilakukan secara manual tampa menggunakan insektisida ataupun sejenisnya.
  • Apabila terdapat bagian tanaman yang layu atau busuk, maka segera pindahkan dan jauhkan dari bibit yang sehat. Hal ini untuk mencegah penularan pada tanaman lain yang masih baik.

 

Sangat mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dirumah!

Post a Comment

Post a Comment