Cara Menanam Bonsai Pohon Beringin Paling Mudah - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Thursday, September 3, 2020

Cara Menanam Bonsai Pohon Beringin Paling Mudah

Bisa disebut jika Cara Menanam Bonsai Pohon Beringin Paling Mudah ini sudah banyak tersebar di beberapa website tanaman. Bahkan bisa pula diperoleh dari deskripsi toko online yang menjual produk tarkait dengan tanaman hias.


Tidak bisa dipungkiri jika tanaman hias bisa membuat suasana rumah menjadi lebih asri. Akan tetapi, semakin terbatasnya lahan dalam membangun rumah, tentu membuat keberadaan taman sulit untuk direalisasikan.

Cara Menanam Bonsai Pohon Beringin Paling Mudah

Meski begitu, masih ada alternatif paling mudah yang bisa diterapkan untuk memperindah hunian dengan pepohonan hijau. Termasuk juga dengan mengaplikasikan tanaman bonsai. Dikarenakan ukurannya yang lebih kecil, maka membuat tanaman ini bisa diletakkan di mana saja.


Seperti yang kita ketahui, tidak banyak pilihan tanaman yang bisa dijadikan versi mini alias bonsai. Akan tetapi, beringin menjadi yang paling populer lantaran bentuknya yang unik. Terlebih lagi, tanaman ini mempunyai tekstur yang kuat serta tidak mudah mati. Bahkan daunnya yang rimbun semakin mempermudah proses bonsai pada tanaman tersebut.


Pertanyaannya, bagaimana cara menanam bonsai beringin? Untuk tahapan yang lebih tepat, tidak ada salahnya jika anda menyimak ulasan yang sudah kami rangkum ini hingga tuntas.


1. Memilih Bibit (Bakal) Tanaman Beringin Yang Kuat

Poin pertama yang perlu anda perhatikan ialah pemilihan bibit bakalan beringin yang memang kuat dan berukuran besar. Pasalnya, tingkat ketelitian dalam memilih bibit haruslah tinggi. Sebab jika salah pilih, justru hanya akan menyulitkan saat proses pembentukan bonsai.


Jadi, pastikan terlebih dahulu batang bakalan beringin yang dipilih mempunyai ranting yang banyak. Anda bisa menemukan bibit bonggol beringin di toko tanaman atau bisa juga mencangkoknya sendiri dari pohon yang besar.


2. Memangkas Akar bibit Bakalan Bonsai

Setelah anda mendapat bibit bakalan beringin yang diinginkan, maka selanjutnya bersihkan sela-sela batang pohon menggunakan kuas. Tujuannya ialah supaya tidak ada kotoran bekas pemisahan bonggol dari pohonnya.


Selanjutnya, pangkas bagian akar bonggol secukupnya. Tujuan dilakukan proses ini ialah supaya akar tidak memakan banyak ruang dari media tanam yang sudah dipersiapkan. Baik itu berupa pot ataupun polybag.


3. Mempersiapkan Media Tanam Yang Tepat

Jika anda sudah sampai pada tahap penanaman, Bonsai Beringin mempunyai cara berbeda dibanding dengan jenis tanaman hias lain. Sebab bonsai ini memerlukan nutrisi yang cukup, mengurangi zat hara berlebih dengan tujuan untuk menjaga nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.


Berikutnya, supaya tanah yang ada dalam pot lebih padat, anda bisa mencampurkan tanah humus dan kerikil kecil. Bahan ini bisa anda pakai untuk menutupi bagian akar bibit beringin.


4. Pembentukan Bonsai Beringian Dengan Kawat

Setelah proses penanaman berhasil, maka anda perlu mempersiapkan kawat stainless steel dengan ukuran 3 milimeter. Kawat ini yang nantinya berfungsi untuk membentuk pohon bonsai yang sudah ditanam tadi.


Langkahnya ialah dengan melilitkan kawat sekencang mungkin pada dahan pohon sesuai dengan pola yang diinginkan. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak merusak kulit luar pohon.

 

Demikian sedikit ulasan dari kami, semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done