81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Sukses Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Bisa disebut, Tips Sukses Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas sudah sangat mudah didapatkan. Sebab tidak sedikit yang berbagi mengenai beberapa poin yang menjadi dasar penanaman dengan metode tersebut.

Dalam hal ini, Hidroponik mempunyai daya tarik tersendiri karena bisa menggantikan media tanam tanah dengan yang lain. Sehingga secara tidak langsung bisa meminimalisir luas tanah yang dibutuhkan untuk penanaman.

Tidak sedikit pula orang yang memanfaatkan pot, polybag, atau bahkan botol yang menjadi alternatif menanam sayur, atau tanaman lain untuk menambah penghasilan. Sehingga anda pun bisa mengikuti jejak pada senior yang sudah lebih dulu sukses memperbaiki kondisi finansial mereka.


Pertanyaanya, bagaimana cara atau tips agar sukses menerapkan metode tanam hidroponik menggunakan media botol bekas? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar berikut :

Tips yang kami rangkum berasal dari beberapa sumber yang sudah pernah mencoba teknik ini sebelumnya. Jadi anda pun bisa menerapkannya sendiri dirumah.

1. Memilih Tempat Peletakan Botol
Bagi tanaman yang peletekannya di area indoor (dalam ruangan), maka anda harus meletakkan botol di dekat jendela kaca yang tembus cahaya.

Atau setidaknya, anda bisa mensiasati dengan menerapkan lampo fotosintesis buatan. Sederhana sih, namun terbukti memberikan hasil yang maksimal.

2. Memperhatikan Penambahan Pupuk
Dikarenakan media yang menjadi tempat perkembangan akar sangat terbatas, maka anda harus rutin dalam menambahkan pupuk.

Tidak hanya berfokus pada area perakaran, namun juga dengan penyemprotan pupuk organik cair pada area daun dan batang tanaman.

Tujuannya ialah agar pupuk tersebut bisa diserap dengan sempurna serta lebih imbang dengan kebutuhan asupan nutrisi tanaman.

3. Penerapan ZPT
Seiring dengan pengimbangan asupan pupuk yang memadai, anda pun bisa menggunakan ZPT guna mempercepat laju pertumbuhan tanaman.

Dengan demikian, masa panen yang dijadwalkan akan berjalan normal. Sehingga upaya anda menanam menggunakan metode ini berfungsi baik dan stabil.

4. Penggantian Media Tanam Botol
Apabila sudah dirasa ukuran tanaman terlalu besar, serta botol kurang muat (tidak memadai) untuk menampung akarnya, maka anda bisa memindahkan tanaman tersebut pada botol lain yang lebih besar. Alternatif lainnya juga bisa dipindah pada pot atau polybag.

Akan tetapi, anda juga harus ekstra hati-hati dalam penerapan langkah ini, jangan sampai merusak akar tanaman yang terlalu banyak.

Cara termudah yang bisa anda lakukan ialah dengan memotong (cutter) untuk menciptakan beberapa lubang yang lebih besar pada sekeliling dinding dasar botol.

Selanjutnya, anda bisa memasukkan kembali tanaman pada pot yang lebih besar bersamaan (langsung) dengan botol tersebut.

Jika melihat beberapa langkah diatas, tentu penanaman dengan metode hidroponik sangatlah mudah. Bahkan bisa dilakukan oleh orang yang masih pemula sekalipun. Minat untuk praktek langsung?
Post a Comment

Post a Comment