Jenis Tanaman Hidroponik Yang Pertumbuhannya Cepat - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Friday, July 31, 2020

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Pertumbuhannya Cepat

Apa saja Jenis Tanaman Hidroponik Yang Pertumbuhannya Cepat? Nah, bagi anda yang ingin budidaya tanaman dengan menerapkan sistem hidrponik, maka sudah tepat jika membaca artikel ini. Oleh karena itu, simak sampai tuntas ya!

Seperti yang kita ketahui, bercocok tanam dengan metode hidroponik cukup diminati oleh kalangan masyarakat. Sebab cara ini tidak memerlukan tanah yang luas untuk bisa bidadaya tanaman.

Dalam hal ini, hidroponik lebih mengandalkan air dengan nutrisi yang baik, dibanding dengan penggunaan tanah yang masih membutuhkan pupuk dan lain sebagainya.


Sehingga, sangat tidak heran jika metode tanam hidroponik kian menarik dan diminati oleh kebanyakan masyarakat perkotaan yang umumnya minim lahan.

Selain mempunyai kelebihan hemat lahan, penanaman dengan sistem ini juga dikenal dengan metode yang lebih cepat tumbuh. Pasalnya air yang digunakan kaya akan nutrisi, dengan kata lain bisa mempercepat pertumbuhan tanaman.

Bahkan, masa panen dengan metode hidroponik bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Terlebih, gizi dari tanaman juga tidak kalah tinggi selayaknya metode tanam pada umumnya.

Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman bisa ditanam menggunakan metode ini. Jika anda memang tertarik untuk mencoba, berikut beberapa jenis sayur yang bisa anda tanam dengan metode hidroponik. Apa saja?

1. Bayam
Bagi anda pemula, tanaman yang paling cocok menerapkan metode hidroponik ialah bayam. Pasalnya, sayur ini termasuk sayuran yang bisa ditanam dengan media apa saja, tidak terkecuali dengan teknik hidroponik.

Dengan pemanfaatan teknik ini, maka sayuran bayam akan tumbuh lebih cepat. Sehingga tidak harus menunggu waktu lama untuk bisa memanennya.

2. Tomat
Tanaman tomat juga termasuk pada jenis sayur yang bisa ditanam dengan metode hidroponik. Ketika anda tertarik ingin mencoba menanam tomat, maka poin pertama yang perlu diperhatikan ialah pemilihan bibit.

Cobalah pilih kualitas bibit terbaik dan unggul, sehingga akan berpengaruh pada hasil panen yang lebih melimpah. Namun perlu juga memperhatikan media tanam yang digunakan. Saran para ahli, media yang bagus ialah sabut kelapa.

3. Seledri
Masuk pada salah satu jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam, seledri cocok bagi anda yang masih pemula dalam hal bercocok tanam menggunakan metode ini.

Terlepas dari itu, seledri sangat umum dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menambah nilai ekonomi yang mungkin bisa menjadi tambahan penghasilan bagi anda.

4. Sawi Hijau
Sawi hijau bisa tumbuh pada media apapun, bahkan sangat cocok menerapkan metode hidroponik yang saat ini digandrungi masyarakat.

Dalam hal ini, sayur hijau masuk pada jenis tanaman yang bisa beradaptasi dengan mudah paada beberapa media tanam dan lingkungan. Bahkan bisa bertahan pada kondisi yang basah (hujan), serta bisa tumbuh sepanjang tahun.

Melihat daftar diatas, tanaman mana yang menjadi acuan anda? Minat untuk mencoba satu persatu?




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done