81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Merawat Tanaman Pachira

Bisa disebut jika Tips Dan Cara Merawat Tanaman Pachira ini bukan suatu hal yang asing lagi. Sebab sudah banyak penggemar tanaman yang memperjual belikannya di toko online. Bahkan disertakan pula cara penanaman yang tepat.


Pertanyaannya, apa anda pernah melihat pohon uang atau money tree? Jika memang belum, jangan terlalu membayangkan tanaman tersebut benar-benar berbunga atau berbuah uang. Bahkan akan banyak pula kalangan orang yang berlomba-lomba menanam pachira, jika kenyataannya memang demikian.

Tips Dan Cara Merawat Tanaman Pachira

Pada dasarnya, daun pachira ini tidak berbeda dengan jenis tanaman yang lain, akan tetapi warna lebih mengkilap denga tekstur yang lebih tebal dan kaku. Sepintas mungkin hampir mirip dengan daun singkong.


Kenapa disebut dan dikenal sebagai pohon uang? Jika melihat lingkungan sekitar, tanaman pachira atau Pachira Aquatic tidaklah familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Mitosnya, ketika memelihara tanaman ini di dalam rumah, bisa mendatangkan rejeki yang melimpah bagi pemiliknya.


Mitos tersebut semakin berkembang, serta mempunyai daya tarik pada warana keabuan di bagian batangnya. Batang tersebut juga bisa dikepang menjadi 5 hingga 9 batang.


Semakin banyak kepangan yang dilakukan, maka semakin mahal juga harga jual yang dibanderol. Sebab pohon pachira dengan kepang banyak, akan membuat sang pemilik bisa mendulang rejeki yang lebih melimpah.


Dengan berkembangnya mitos tersebut, tidak sedikit orang yang mulai membudidaya tanaman tersebut lantaran dianggap sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Pada sejumlah toko tanaman hias, pohon ini dijual dalam bentuk bonsai yang sudah dikepang.


Cara Merawat Pohon Pachira

Dari sisi penanaman, budidaya tanaman pachira sangatlah mudah. Mungkin anda tidak menyangka jika pembudidayaannya tidak memerlukan biaya sebesar pembudidayaan tanaman cabe ataupun bawang merah.


Bahkan anda pun tidak membutuhkan pupuk dan insektisida setelah penanaman. Hanya saja, butuh tanah yang subur dan gembur. Dilanjutkan dengan pemberian pupuk kandang atau kompos.


Perawatan yang perlu dilakukan ialah dengan menyiramnya secara rutin, paling tidak dua kali sehari pada saat pagi dan sore hari. Apabila anda menempatkannya di dalam ruangan, maka bisa pula dilakukan penyemprotan anti hama. Akan tetapi, jika meletakkan di luar ruangan, langkah ini bisa di abaikan.


Tips Mengepang Batang Pachira

Pohon pachira akan tampak lebih unik serta mempunyai nilai jual tinggi pasca dilakukan pengepangan. Prosesnya pun bisa dilakukan dengan langkah berikut :

  • Siapkan 2 atau 3 tanaman pachira yang sudah berusia 3 hingga 5 bulan.
  • Letakkan di dalam ruangan selama satu minggu sehingga batang akan sedikit lunak dan layu, akan tetapi diupayakan batangnya tetap berwarna abu-abu (tidak kekuningan).
  • Selanjutnya, 2 atau 3 tanaman tadi dijadikan satu, yakni dengan mengikatnya di bagian bawah.
  • Jalin atau lilit seperti saat mengepang rambut dan ikan kembali bagian atasnya.
  • Setelah terlilit dan terlain rapi, maka tanam kembali pada satu pot.
Cukup mudah bukan? Semoga tips diatas bisa membantu!
Post a Comment

Post a Comment