81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Manfaat Dan Cara Menanam Temu Rapet Dalam Pot

Ingin tahu manfaat dan cara menanam temu rapet? Yuk simak ulasan singkat yang sudah kami rangkum dibawah ini.


Dilansir dari berbagai sumber, temu rapet atau yang juga dikenal sebagai kunci pepet, merupakan sejenis rempah yang berbentuk rimpang. Bahkan banyak yang menyebut jika tanaman ini masih satu kerabat dengan kencur.

Manfaat Dan Cara Menanam Temu Rapet Dalam Pot

Berbeda dengan kencur yang umum dipakai untuk bumbu dapur, temu rapet lebih khusus digunakan untuk pengobatan karena khasiat didalamnya. Terlepas dari itu, bentuk daunnya yang indah juga menjadikan temu rapet sebagai tanaman hias.


Di beberapa daerah, temu rapet dikenal dengan beragam panggilan. Seperti halnya temu putri, temu lilin, kunir putih, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Seperti apa ciri dari temu rapet? Dikutip dari Wikipedia, tanaman ini berbentu terna yang tidak seberapa tinggi, tegak, dan mempunyai sekitar 2 hingga 5 helai.


Daunnya bertangkai dengan pelepah sepanjang 7 hingga 24 cm. Bentuk helaiannya menjorong dan sering muncul pola kembang yang simetris, hijau dan keputihan.


Sedangkan dari sisi penyebaran, temu rapet diduga berasal dari wilayah Indocina. Akan tetapi bisa ditemukan pula menyebar alami di wilayah Asia, tidak terkecuali Indonesia.


Tumbuhan yang satu ini banyak ditemukan dan bisa tumbuh subur di hutan jati, pegunungan bahwa, hutan bambu, serta padang-padang rumput dengan ketinggian hingga 1.300 mdpl.


Bagaimana jika ingin budidaya tanaman temu rapet? Tidak berbeda dengan keluarganya yang masih tergolong jenis temu-temuan, tamu rapet bisa diperbanyak dengan cara menanam kembali rimpangnya.


Terdapat dua fase dalam pertumbuhan temu rapet, yaitu fase vegetatif yang tumbuhnya bisa dengan daun dan batang semu. Serta fase generatif yang biperbanyak dengan cara mengambil bonggol atau tunas anakan yang tumbuh.


Kenapa temu rapet banyak dikonsumsi sebagai jamu? Apa saja manfaatnya? Selain berperan sebagai tanaman hias, temu rapet juga sangat umum dikonsumsi sebagai ramuan herbal.


Jika secara tradisional, rimpang dari kunci pepet dipakai untuk obat sakit perut dan juga disentri. Umbi kecil dari tanaman ini mengandung air dan mempunyai manfaat untuk mendinginkan.


Sangat tidak heran jika temu rapet ini dimanfaatkan sebagai bedak, pasalnya temu rapet bersifat mendinginkan. Terlebih lagi, campuran jamu untuk ibu melahirkan ini bisa menambah selera makan.

 

Terlepas dari itu, temu rapet juga dipakai untuk pembuatan parfum, anti serangga, dan dijakan bahan makanan dengan cara konsumsi sebagai sayur dan lalapan.


Apa fungsi temu rapet hanya sebagai obat saja? Selain sebagai jamu, tumbuhanya ini nyatanya bisa dipakai untuk pembuatan kosmetik. Rimpang dan umbinya yang didestilasi bisa menghasilkan minyak atisiri.


Kandungan inilah yang mempunyai sineol yang beraroma kamper. Bahkan jika anda hobi memelihara tanaman, bentuk daun dari temu rapet bisa digunakan untuk tanaman hias yang bisa ditanam dalam pot.

Post a Comment

Post a Comment