Tanaman Hias Hidroponik Gantung Yang Mudah Dirawat - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Monday, April 12, 2021

Tanaman Hias Hidroponik Gantung Yang Mudah Dirawat

Tanaman Hias Hidroponik Gantung Yang Mudah Dirawat terbagi dalam beberapa jenis. Semua tergantung dengan anda yang ingin menanamnya di rumah.

Tanaman Hias Hidroponik Gantung Yang Mudah Dirawat

 

Secara dasar, menumbuhkan begitu banyak tanaman pada ruang yang kecil tanpa tanah memang semakin populer untuk sebagian orang.

Dalam hal ini, anda bisa mengubah media tanam tanah menggunakan air. Atau lebih tepatnya dengan menerapkan cara hidroponik.

Proses budidaya tanaman dengan lingkungan menggunakan air bukan suatu ide yang baru. Pasalnya untuk saat ini, penggunaan hidroponik sudah banyak diterapkan untuk menanam sayuran serta buah-buahan yang tersebar luas.

Akan tetapi, bagi anda yang ingin menghiasi rumah, baik itu dalam atau luar ruangan dengan segala jenis tanaman hias. Maka bisa menggunakan alternatif hidroponik.

Seperti yang kita ketahui, tanaman hidroponik bisa ditanam pada berbagai tempat. Mulai dari botol bekas, paralon, kaca bening, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Atau bisa pula dengan memanfaatkan taman vertikal, yakni dengan menggantu tanaman agar bisa menghemat tempat.

Yang menjadi pertanyaan disini ialah, apa saja jenis tanaman yang bisa dibudidaya menggunakan cara hidroponik gantung? Berikut daftar selengkapnya.

1. Sirih Gading

Sirih gading begitu dikenal dan populer lantaran proses perawatannya yang mudah. Tanaman hias yang satu ini mempunyai julukan Epipremnum Aureum, serta menjadi salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur dalam media air.

Anda hanya perlu memasukkan sirih gading ke dalam wadah bekas, selanjutnya isi dengan air secukupnya. Selain memperindah ruangan, tanaman ini juga berfungsi sebagai pembersih udara.

2. Lemon Balm

Dengan aroma yang menyerupai lemon, tanaman yang satu ini sangat menenangkan saat dihirup. Akan tetapi, bentuknya justru lebih mirip dengan tanaman mint dibanding dengan lemon.

Untuk tata cara menanam dan merawatnya pun terbilang sangat mudah dan praktis. Sebab tanaman ini juga bisa tumbuh subur dengan media air.

Yang terpenting ialah, anda harus meletakkan tanaman ini pada area yang cukup sinar matahari. Tujuannya agar bisa tumbuh ideal.

3. Tillandsia

Bisa disebut jika tanaman Tillandsia merupakan jenis tanaman hias yang sempurna utnuk disimpan di mana saja. Pasalnya tidak memerlukan tanah untuk bertahan hidup.

Mayoritas orang lebih suka menggantung Tillandsia, dan kemudian di isi dengan aksen warna-warni serta pernak-pernik.

Untuk melakukan perawatan, cukup meletakkan tanaman ini pada area yang sirkulasi udaranya baik dan lebih banyak cahaya. Perlu dipastikan pula tingkat kelembapan udara. Cara yang paling mudah ialah dengan menyemprotkan air.

4. Philodendron

Saat pertama kali muncul, tanaman ini seringkali ditanam menggunakan media pakis. Akan tetapi seiring dengan perkambangan, muncul begitu banyak cara kreatif untuk merawat dan mengembangkannya.

Pada kenyataannya, philodendron bisa ditanam media air dan dijadikan tanaman gantung.

5. Monsterra

Tanaman hias ini diduga berasal dan banyak ditemukan di Meksiko, khususnya pada kawasan hutan tropis.

Monsterra menjadi tanaman yang banyak dilirik lantaran mempunyai daun bolong dan tampak begitu unik. Kabar baiknya, tanaman ini bisa dirawat pada berbagai media, tidak terkecuali pada pot dan media air.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done