Tanaman Hias Gantung Media Air Yang Mudah Dirawat - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Tuesday, April 6, 2021

Tanaman Hias Gantung Media Air Yang Mudah Dirawat

Selain menggunakan tanah, nyatanya air juga bisa menjadi media tanam yang dipergunakan untuk merawat tanaman hias di rumah.

Tanaman Hias Gantung Media Air Yang Mudah Dirawat
Cukup berbeda dengan tanaman dengan media tanam tanah, tanaman media air hanya membutuhkan vas bening atau kaca supaya bisa terlihat pertumbuhan akarnya.

Nah yang menjadi pertanyaan disini ialah, apa saja jenis tanaman yang bisa ditanam menggunakan air? Agar anda memperoleh informasi yang lebih lengkap, yuk simak daftar berikut :

1. Philodendron

Bisa disebut jika tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh dengan baik pada semua kondisi cahaya. Bahkan perawatannya hanya bisa menggunakan media air.

Dalam hal ini, anda  bisa menempatkan philodendron pada lokasi yang mempunyai pencahayaan yang terang. Tujuannya agar tanaman ini bisa memperoleh pertumbuhan yang baik dan maksimal.

2. African Violet

Umumnya, proses menumbuhkan violet Afrika dalam air dengan menggunakan daun merupakan cara yang sangat baik untuk memperoleh tiruan dari tanaman induk.

Meski ada pula beberapa warna violet yang akan menghasilkan tanaman dengan bunga berwarna solid. Tips penanamannya, pilih daun violet Afrika yang masih muda serta sehat.

Lakukan pemotongan daun dengan batang sekitar dua inci, serta letakkan daun di dalam botol berleher sempit. Sehingga akan membuat daun menggantung dan kering.

Sedangkan untuk pembentukan akar, setidaknya memerlukan waktu sekitar satu bulan. Jadi tanaman ini perlu dirawat dengan baik.

3. Begonia

Tanaman Begonia hardy wax yang umumnya mempunyai simpul daun sangat menonjol, bisa dengan mudah membentuk akar di dalam air.

Bahkan untuk merawat tanaman ini agar mudah tubuh, hanya memerlukan satu daun untuk memulai. Akan tetapi, diperlukan waktu yang cukup hingga beberapa bulan agar akar bisa terbentuk.

Sedangkan untuk langkah perawatan, akan lebih baik jika dilakukan dengan mengganti air setiap satu minggu sekali. Tujuannya ialah utnuk mencegah bakteri yang bisa menyebabkan pembusukan akar.

4. Coleus

Anda bisa mengambil setidaknya enam inci potongan tanaman ini, serta buang bagian daun dari empat inci di bagian bawah.

Selanjutnya, letakkan potongan tersebut di dalam gelas atau vas yang sudah berisi air. Maka akar akan mulai terbentuk dalam hitungan beberapa minggu saja.

Perawatan yang bisa anda lakukan ialah dengan menambahkan sedikit teh kompos ke dalam air selama pergantian bulanan. Hal ini akan membantu tanaman hias coleus bisa tumbuh subur.

5. Baby’s Tears

Nyatanya, tanaman yang menghasilkan banyak daun kecil ini bisa dengan mudah beradaptasi pada pertumbuhan di air.

Akan tetapi, anda juga harus memperhatikan bawha daun yang terendam bisa mulai membusuk. Sehingga, langkah penggantian air harus dilakukan setiap satu minggu sekali.

Selanjutnya, cukup biarkan permukaan air turun, tepatnya ketika akar sudah mulai terbentuk dengan baik. Tujuannya, agar memberikan kelembapan pada tanaman.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done