Macam Dan Jenis Bonsai Beringin Ficus - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Monday, April 5, 2021

Macam Dan Jenis Bonsai Beringin Ficus

Jika anda tergolong sebagai pecinta tanaman hias bonsai, maka sudah pasti paham dengan bonsai beringin.

Macam Dan Jenis Bonsai Beringin Ficus
Dalam hal ini, ada begitu banyak macam dan jenis bonsai beringin. Serta menurut kabar, bonsai ini mempunyai harga yang relatif tinggi. Sehingga bisa menjadi lahan bisnis bagi anda.

Nah berperan sebagai salah satu referensi, maka disini kami akan mengulas beberapa jenis bonsai beringin. Sehingga anda lebih kenal dan paham jenis tanaman beringin apa saja yang sering dijadikan bonsai.

Ragam Dan Jenis Bonsai Beringin

Seperti yang kita ketahui, beringin memang cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Hal ini lantaran beringin mempunyai karakteristik yang unik.

Akan tetapi, dalam perawatannya harus disesuaikan dengan jenis beringin yang kita tanam. Bahkan perawatan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Apa saja jenis beringin yang sering dijadikan bonsai? Berikut ulasan lengkap bagi anda yang penasaran. Simak baik-baik ya!

1. Ficus Microcarpa

Tanaman beringin yang satu ini bisa tumbuh baik di area yang mempunyai iklim tropis. Bahkan jenis ini mempunyai kayu yang halus sekaligus daun yang lonjong dan bisa tumbuh besar. Selain itu, jenis ini juga bisa tumbuh mencapai tinggi hingga 33 meter. 

Lebih lanjut, Ficus Microcarpa menjadi tanaman hias dan masuk pada salah satu pohon jalanan yang paling umum pada iklim hangat.

Menurut Wikipedia, tanaman ini sudah menyebar ke Afrika Utara, Irak, Pakistan, Jepang dan Hawaii. Sedangkan untuk Amerika, berada di kawasan Florida, Amerika Tengah dan Selatan.
Umumnya, jenis ficus ini dijadikan bonsai yang bisa tumbuh dalam ruangan.

2. Ficus Benjamina

Bagi anda yang tergolong pemula dalam dunia bonsai, maka jenis ficus yang satu ini sangat cocok untuk anda. Pasalnya, jenis yang satu ini sangat baik ditanam pada iklim tropis.

Untuk perawatan yang dilakukan dengan baik dan benar, maka jenis bonsai beringin ini juga bisa hidup dalam ruangan. Bahkan tidak sedikit orang yang menyarankan untuk merawatnya dalam ruangan seperti kantor, rumah, dll.

Terlepas dari fungsinya untuk membuat rumah semakin anggun. Tentu bonsai ini juga mampu memproduksi oksigen yang tinggi. Dengan kata lain, bonsai ini sangat baik untuk kesehatan sekaligus menyejukkan ruangan.

3. Ficus Retusa

Meski tergolong beringin, namun Ficus Retusa sejenis pohon cemara yang bisa tumbuh cepat, bulat, berkepala lebar, serta selalu hijau.

Batangnya bertekstur halus dan berwarna abu-abu yang cukup mencolok. Serta bisa tumbuh hingga dengan diameter 1 meter.

Pohon ini mempunya daun berbentuk bulat telur licin. Umumnya lebih panjang dari 10 cm dan tersusun secara spiral.

Ketiga jenis ficus di atas sangat cocok bagi anda yang beru belajar menanam bonsai. Selain mudah, tentu perawatan yang dibutuhkan sangat sederhana.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done