Cara Menumbuhkan Akar Gantung Pada Batang Beringin - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Thursday, April 1, 2021

Cara Menumbuhkan Akar Gantung Pada Batang Beringin

Bagaimana Cara Menumbuhkan Akar Gantung Pada Batang Beringin? Pertanyaan ini mungkin saja muncul ketika anda menanam bonsai ficus, akan tetapi tidak ada akar gantung yang tumbuh.

Cara Menumbuhkan Akar Gantung Pada Batang Beringin
Seperti yang kita ketahui, beringin menjadi salah satu tanaman hias yang paling umum ditanam menggunakan metode bonsai.

Hal tersebut pula yang menjadikan tanaman ini semakin menarik. Dengan bentuk mini namun tetap sama dengan tekstur sebenarnya, menjadikan bonsai beringin sangat menarik untuk dimiliki.

Akan tetapi, sebelum anda beranjak pada hal-hal seperti perawatan dan menumbuhkan akar gantung. Tentu juga harus paham dengan langkah penanaman yang baik dan benar. Untuk itu, ada baiknya anda menyimak ulasan berikut hingga selesai.

1. Proses Penanaman Bonsai Beringin

Beringin (Ficus) menjadi salah satu pohon tropis yang begitu ideal untuk dijadikan bonsai. Hampir pada setiap pameran bonsai, jenis tanaman ini selalu menempati posisi terbaik.

Dengan mempunyai bonsai beringin di rumah, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para kolektor. Pasalnya pohon ini bisa memberikan aura yang menyenangkan.

Secara dasar, membuat bonsai beringin sangatlah mudah. Pasalnya beringin mempunyai sifat mudah tumbuh dan cepat hidup dalam hal pembesaran cabang-cabangnya.

Akan tetapi, sebenarnya membuat bonsai beringin menjadi bonsai yang benar-benar perantingan serta pembuatan tajuk yang indah, tentu membutuhkan ketelatenan mengenaai hal pengecilan daun beringin.

Tidak sedikit pembudidaya bonsai beringin yang melakukan budidaya dengan menanamnya di lahan (tanah) terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke pot.

Tujuan dari langkah ini ialah supaya batang cepat besar serta memprogram perakaran yang baik. Dengan proses ini, terbukti beringin bisa tumbuh cepat. Akan tetapi pohon masih mempunyai kecenderungan tidak memiliki karakter pohon tua.

Mulanya, gaya atau style pohon beringin yang muncul saat ini berasal dari gaya Taiwan. Pohonnya berbentuk gempal, ungkul, percabangan tertata rapi (antara kanan, kiri, belakang, dan seterusnya).

Sehingga kesan pohon beringin yang sering kita temui di alam Indonesia tidak muncul (beringin yang gagah, percabangan yang acar namun tetap mencerminkan pohon kekar, akar gantung tidak beraturan, serta akar beringin yang menjuntai ke segala arah.

Kondisi inilah yang menjadi tantangan bagi pada pebonsai. Khususnya untuk membuat bonsai beringin dengan gaya Indonesia.

2. Pembuatan Atau Menumbuhkan Akar Gantung

Jika anda sudah lama kenal dengan istilah budidaya bonsai, tentu sedikit banyak sudah paham dengan langkah-langkah yang harus dilakukan saat penanaman.

Dalam hal ini, tips ataupun triks dalam menumbuhkan akar gantung pada bonsai beringin sangatlah mudah. Sebab cara yang bisa dilakukan hanyalah mengelupas kulit cabang yang akan dibuat akar gantung dengan pisau, upayakan di bagian bawah.

Untuk proses selanjutnya, olesakan tanah pada bekas luka, umumnya hal ini bisa memicu pertumbuhan akar. Supaya akar gantung bisa mencapai tanah, bisa pergunakan pipet atau sedotan minuman, kemudian arahkan lurus ke tanah.

Upayakan pertumbuhan akar yang mulai muncul, bisa memanjang mengikuti pipet yang sudah dipasang tadi.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done