81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Sebelum Membuat Taman Kering Di Rumah

Ingin tahu Tips Sebelum Membuat Taman Kering Di Rumah? Sudah tepat jika anda membaca artikel ini. Sebab disini kami akan menjabarkan tentang beberapa tips terkait dengan pembuatan taman kering.

Tips Sebelum Membuat Taman Kering Di Rumah
Seperti yang kita ketahui, taman kering menjadi salah satu taman yang saat ini semakin digandrungi pada kalangan masyarakat.

Bisa disebut jika tanaman kering berisi beberapa jenis tanaman yang memang membutuhkan air dalam jumlah sedikit. Sehingga tingkat perawatannya pun sangat mudah serta tidak menyita banyak waktu.

Meski terbilang mudah dan sederhana, khususnya dalam hal perawatan yang dibutuhkan. Akan tetapi, biaya awal untuk menghadirkan taman kering cukup terbilang fantastis.

Sebab angaran yang harus disediakan cukup besar, bahkan akan cukup menguras anggaran rumah tangga. Oleh karena itu, perlu perhitungan matang agar semua biaya bisa di minimalisir.

Biaya yang dibutuhkan tersebut tidak lain ialah untuk pembelian material pilihan. Sebagai contoh ialah batu alam, batu koral, dan juga ornamenlain yang tentunya membutuhkan dana tambahan.

Nah, supaya taman kering yang anda rancang memperoleh hasil sesuai dengan konsep. Maka terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak daftar singkat dibawah ini. Baca perlahan saja ya!

1. Siapkan Desain Dan Lay Out

Untuk langkah pertama, anda perlu menyiapkan desain sekaligus lay out dari taman kering yang diinginkan. Layout desain tersebut, nantinya akan mempermudah dalam proses pembuatan.

Terlepas dari prediksi dan memperkirakan kebutuhan material, layout nyatanya bisa membuat tampilan taman kering semakin cantik dan tertata dengan baik.

2. Mengecek Sistem Drainase

Mengingat bahwa konsep dari taman ialah jenis taman kering. Maka sangat penting bagi anda untuk melakukan pengecekan pada sistem drainase.

Tentu hal ini sangat penting untuk anda perhatikan. Tujuannya ialah untuk menghindari genangan air yang bisa memicu tumbuhnya lumut pada area sekitar taman kering.

3. Pilih Tanaman Yang Sesuai

Selain mengecek sistem perairan, tentu anda juga harus pintar dalam menentukan jenis tanaman sesuai dengan kondisi cahaya pada lokasi taman kering yang akan dibuat.

Kenapa hal ini patut diperhatikan? Sebab tidak semua tanaman cocok dijadikan taman kering. Sehingga, pastikan anda memilh tanaman yang memang diperuntukkan untuk kondisi tersebut.

4. Manfaatkan Ijuk / Media Pasir

Desain taman kering membutuhkan alas yang bisa menggunakan ijuk ataupun media pasir. Sebagai catatan, kedalaman yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 5 cm.

Bahan ijuk disini, mempunyai peran sebagai pengganti tanah yang akan menyerap air pada saat proses penyiraman tanaman ataupun air hujan. Bahkan media ini juga akan memperlancar drainase.

5. Jangan Takut Bereksperimen

Sebagai pemula, anda tidak harus takut untuk melakukan ekperimen. Salah satunya dalam hal penggunaan material pengisi taman kering.

Jika memang dibutuhkan, anda bisa memanfaatkan material bekas di sekitar rumah. Selain menghemat bujet, tentu bisa memanfaatkan bahan yang memang masih layak guna.

Post a Comment

Post a Comment