81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tanaman Hias Ekor Kucing Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Selain berguna sebagai tanaman hias, nyatanya bunga ekor kucing mempunyai manfaat tanaman obat. Kemampuannya dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sekaligus mempercepat penyembuhan luka.

Tanaman Hias Ekor Kucing Dan Manfaatnya Untuk Tubuh
Sekedar untuk tambahan referensi, tanaman ekor kucing mempunyai nama latin Acalypha hispida Burm. F. Serta merupakan jenis tanaman yang berasal dari Hindia Barat.

Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini mempunyai bunga yang dikeuarkan oleh ketiak daun. Seperti halnya ekor kucing.

Warna dari tanaman ini merah hapir serupa dengan darah. Lantaran mempunyai bentuk yang unik, bunga ini sering dijadikan tanaman hias serta biasa ditanam di pekarangan rumah.

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, apa saja manfaat tanaman ekor kucing? Bagian dari tanaman ekor kucing bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Termasuk diantaranya bagian daun dan bunganya.

Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kandungan senyawa alami yang baik untuk tubuh. Sedangkan untuk manfaat secara ringkas ialah, bisa mengatasi disentri, radang usus, mual, muntah, mimisan, BAB berdarah, cacingan, luka bakar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar pengetahuan anda tidak setengah-setengah, berikut beberapa manfaat dari tanaman ekor kucing. Sekaligus cara yang tepat untuk mengolahnya.

1. Menyembuhkan Cacingan

Umumnya gejala cacingan sering terjadi pada kalangan anak-anak. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan bunga ekor kucing.

Umumnya, gejala cacingan pada anda mempunyai badan yang kurs meski asupan makanan sudah cukup banyak.

Cara mengolahnya ialah dengan merebus 15 gr bunga ekor kucing dengan air bersih secukupnya. Kemudian, dinginkan air yang direbus tadi dan disaring. Selanjutnya anda bisa langsung mengkonsumsi air rebusan bunga ekor kucing tadi.

2. Mengatasi Disentri

Disentri bisa diatasi secara alami, yakni dengan menggunakan bunga ekor kucing sebanyak 10 hingga 30 gram. Cuci bersih bunga tersebut dan rebus dengan air hingga mendidih.

Selanjutnya, tunggu hingga air rebusan menjadi dingin. Saring dan langsung konsumsi untuk memperoleh manfaat dari bunga ekor kucing tersebut.

3. Mengobati Radang Usus

Selain disentri, bunga ekor kucing juga bermanfaat untuk mengatasi radang usus. Cara pengolahannya pun cukup sederhana.

Yakni dengan menyiapkan bunga ekor kucing sebanyak 30 gram, cuci bersih, dan rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Proses selanjutnya cukup dengan meminum air rebusan secara rutin.

4. Mengatasi Luka Berdarah

Luka yang mengeluarkan darah bisa diobati dengan menggunakan daun tanaman ekor kucing. Caranya cukup dengan mengambil segenggam daun tanaman tersebut dan tumbuh hingga halus.

Penggunaannya, cukup dengan membubuhkan daun tanaman ekor kucing yang sudah halus pada luka. Selanjutnya balut dengan kain perban.

5. Menyembuhkan Muntah Darah

Bunga ekor kucing juga ampuh untuk mengatasi muntah darah. Cukup ambil bunga ekor kucing, cuci dan kunyah bersama dengan pinang putih, kencur, jahe, dan daun pulai muda. Lakukan secara rutin agar hasil lebih maksimal.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Post a Comment

Post a Comment