Tanaman Hias Eceng Gondok Dan Keunikannya - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Tuesday, March 23, 2021

Tanaman Hias Eceng Gondok Dan Keunikannya

Tanaman eceng gondok atau yang dikenal dengan nama latin Eichornia crassipes, merupakan sejenis tanaman liar yang bisa tumbuh dengan mudah.

Tanaman Hias Eceng Gondok Dan Keunikannya
Umumnya tanaman ini sering dianggap gulma, dan bisa tumbuh baik di danau atau menghalangi aliran sungai. Jika sudah berkembang pesat, tanaman ini menguasai permukaan air.

Selain mempunyai kesan hijau menyegarkan saat memandangnya, saat ini sudah banyak yang memanfaatkan eceng gondok sebagai tanaman hias.

Nyatanya, tumbuhan air ini yang mempunyai akr serabut ini bisa berkembang dengan kondisi akar memanjang hingga mencapai tanah di bawahnya. Kondisi tersebut membuat pertumbuhan semakin kuat dan sulit untuk disingkirkan.

Nah bagi anda yang penasaran dengan keunikan tanaman eceng gondok ini. Berikut kamu sudah menyiapkan rangkuman yang mungkin bisa membantu. Apa saja?

1. Ditemukan pertama kali di Sungai Amazon

Tidak banyak yang tahu asal muasal dari tanaman eceng gondok. Yang pasti, tumbuhan ini bukan asli Indonesia.

Dilihat dari sejarahnya, eceng gondok ditemukan oleh Carl Friedrich Philipp von Martius yang merupakan seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman.

Dari ekspedisi yang dilakukan Carl tersebut, ditemukan eceng gondok di sungai amazon Brazil. Dari sana, ia tidak sengaja menjumpai tanaman ini dan tertarik untuk mengambilnya agar bisa melakukan penelitian lebih lanjut.

2. Bentuk Batang dan Daunnya Yang Unik

Sekedar untuk tambahan informasi, eceng gondok tidak mempunyai batang penyangga daun. Setelah akar, akan tumbuh daun dan tangkai bunga tanpa adanya batang tanaman.

Daunnya tergolong sebagai daun tunggal serta berbentuk oval meruncing pada bagian pangkal dan ujung daun.

Selanjutnya, pada pangkal tangkai, daunnnya akan menggelembung lantaran berisi rongga udara. Mempunyai permukaan daun yang licin, menjadikan eceng gondok tidak mudah basah meski di atas air.

3. Bisa Berbunga Cantik

Sedikit orang yang tahu jika eceng gondok juga bisa berbunga. Karena hal itu, banyak pula orang yang menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di pekarangan rumah.

Bunganya berwarna ungu serta termasuk pada bunga majemuk. Bunga tersebut berbentuk bulir-bulir serta mempunyai kelopak yang berbentuk tabung.

Lantaran keindahan bunga eceng gondok tersebut, banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman hias yang layak di pajang di sekitaran rumah.

4. Biji dan Buahnya Yang Unik

Eceng gondok mempunyai biji dengan warna hitam dan berbentuk bulat. Dengan biji tersebut, eceng gondok bisa berkembang cepat dan masif. Jika hanyut terbawa air, maka tanaman ini akan cepat menyebar ke berbagai tempat.

Sedangkan untuk keunikan lainnya, eceng gondok juga bisa menghasilkan buah. Buah yang dihasilkan berbentuk kotak serta mempunyai ruang atau berongga. Buahnya berwarna hijau serupa dengan daunnya.

Meski tergolong tumbuhan liar, akan tetapi pemanfaatan dari eceng gondok semakin berkembang. Salah satunya ialah dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tisu.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai eceng gondok. Semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done