81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

Adakah Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen? Seperti yang kita ketahui, hidroponik merupakan sistem tanam yang bisa dipergunakan pada lahan yang sempit.

 

Sehingga, bagi anda yang tidak punya lahan atau kebun yang luas. Masih tetap bisa menyalurkan hobi untuk bercocok tanam.

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

Secara umum, tanaman hidroponik lebih identik dengan jenis tanaman sayur dan buah. Bahkan penanamannya bisa memanfaatkan halaman rumah.

 

Melihat postingan kami sebelumnya, yakni seputar Cara Agar Tanaman Hidroponik Cepat Panen. Nyatanya, ada pula jenis tanaman yang masa panennya lebih cepat.

 

Nah, dirangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada lima jenis tanaman hidroponik yang mempunyai masa panen singkat. Apa saja?

 

1. Kangkung

Kangkung bisa hidup dengan mudah pada media tanam tanah ataupun air. Bahkan sangat cocok untuk ditanam dengan sistem hidroponik.

 

Pertumbuhan kangkung juga relatif lebih lebih cepat dengan jenis sayur lain. Bahkan masa panen bisa dilakukan dalam 4 hingga 6 minggu.

 

Selain itu, kualitas tanaman hidroponik kangkung juga lebih bagus dibanding dengan kangkung biasa. Hasilnya lebih renyah dan enak.

 

2. Pakcoy

Sama halnya dengan kangkung yang sangat cocok dijadikan masakan tumisan. Penanaman dari pakcoy hanya perlu difokuskan pada aliran air dan nutrisi yang cukup.

 

Masa tanam pakcoy hanya sekitar 20 hari sejak tanam hingga panen. Cukup singkat dan mudah untuk diterapkan.

 

3. Tomat

Buah yang tergolong sayur ini masuk pada salah satu kebutuhan sehari-hari yang banyak dikonsumsi masyarakat.

 

Sehingga budidayanya pun bisa mendatangkan penghasilan yang cukup membantu perekonomian keluarga.

 

Setelah penanamannya pun, yakni setelah biji disemai dan ditanam, diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan untuk bisa panen.

 

4. Seledri

Tanaman ini sangat cocok ditanam pada media air, khususnya dengan sistem hidroponik. Umumnya, seledri ditanam dengan menerapkan sistem rakit apung.

 

Tidak berbeda dengan kangkung, seledri bisa dipanen dalam masa tanam 4 hingga 6 minggu. Bahkan pemanenan bisa dilakukan setiap 5 hingga 6 hari sekali.

 

Cara memanen juga sangat mudah, yakni dengan mencabut seledri dari wadah / media tanam. Selanjutnya pisahkan anakan untuk ditanam kembali.

 

5. Cabai

Sebelum penanaman, tentunya biji cabai harus disemai terlebih dahulu. Kemudian bisa dipindah pada media tanam yang umumnya menggunakan arang sekam.

 

Tidak lupa juga untuk mengalirkan air secara berkala agar akar cabai memperoleh nutrisi yang cukup.

 

Sedangkan untuk masa panen, umumnya bisa dilakukan setelah masa tanam cabai memasuki umur 80 hingga 90 hari. Waktu terbaik untuk panen ialah pagi dan sore.

 

Dengan mengetahui beberapa jenis tanaman hidroponik cepat panen di atas, tentu sedikit banyak anda akan tergugah untuk mencobanya sendiri dirumah.

 

Namun sebelumnya, anda juga harus pelajari terlebih dahulu tentang keuntungan dan kerugian dari bercocok tanam hidroponik.

 

Sehingga tidak terjadi kesalahan dari sistem tanam, bahan atau media tanam yang digunakan, atau bahkan beberapa poin lain yang patut diperhatikan.

Post a Comment

Post a Comment