Cara Merawat Tanaman Hias Snow White Yang Baik Dan Benar - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Tuesday, March 2, 2021

Cara Merawat Tanaman Hias Snow White Yang Baik Dan Benar

Masih termasuk golongan dari Aglonema atau Sri Rejeki, tanaman Snow White kian digandrungi lantaran bentuk daunnya yang unik dan menarik. Uniknya, karena bentuk daun yang cantik tersebut, menjadikan tanaman ini sering disebut sebagai ratu tanaman hias.

 

Dikarenakan nilai dari bisnis tanaman hias sangat tinggi, menjadikan harga Aglonema Snow White sedikit mahal. Tentu hal ini juga sebanding dengan bentuk cantik dari tanaman tersebut.

Cara Merawat Tanaman Hias Snow White Yang Baik Dan Benar

Seperti yang diketahui, tanaman hias daun Snow White merupakan tanaman dari keluarga Araceae. Genusnya terbagi menjadi 30 spesies yang berbeda.

 

Sedangkan untuk habitat asli dari tanaman ini ialah di bawah hujan tropis. Bisa tumbuh baik pada area dengan intensitas cahaya rendah dan kelembapan yang tinggi.

 

Untuk saat ini, beberapa jenis aglonema hybrida sudah dikembangkan. Pasalnya tanaman snow white mmepunyai penampilan yang menarik.

 

Hybrida yang dikembangkan pun mempunyai varian warna yang cukup lengkap. Mulai dari mengutamakan bentuk dan ukuran yang sudah jauh berbeda dengan spesies alami.

 

Untuk budidaya tanaman ini, sering menggunakan sistem okulasi atau penempelan tanaman dengan varietas yang lebih baik.

 

Media tanam yang digunakan pun sangat sederhana, yakni dengan memanfaatkan pot berukuran sedang, serta membutuhkan paparan sinar matahari penuh dengan naungan.

 

Termasuk dari jenis aglonema atau varian Sri Rejeki, Snow White mmepunyai ciri yang bisa dikenali dari warna daun putih, disertai dengan corak hijau yang tersebar secara merata pada permukaannya.

 

Bagaimana cara merawat tanaman hias daun aglonema Snow White? Nah, untuk memperoleh jawaban yang lebih tepat, yuk kita simak daftar berikut :

 

1. Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Agar perawatan aglonema Snow white bisa maksimal, maka anda harus menjaga volume penyiraman yang tepat. Setidaknya, lakukan penyiraman sebanyak 2x sehari.

 

Dalam penyiraman tersebut, hindari jangan sampai terlalu basah atau tergenang, atau setidaknya disesuaikan hingga tanah / media tanam menjadi basah.

 

Yang terpenting lagi, upayakan saat menyiram tidak terkena daun atau bunga. Sehingga tidak terjadi pembusukan.

 

2. Lakukan Pemupukan Secara Berkala

Sama halnya dengan penyiraman, proses pemupukan juga harus dikontrol dengan benar agar tanaman hias daun bisa tumbuh subur.

 

Proses pemupukan bisa dilakukan secara rutin, yakni dengan menaburkan pupuk NPK pada sekeliling tanaman. Proses ini akan sangat baik dilakukan sebelum penyiraman.

 

3. Bersihkan Gulma Atau Rumput Liar

Tidak berbeda dengan jenis perawatan tanaman hias yang lain, tentu anda harus menjaga tanaman terbebas dari gulma ataupun rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman.

 

Pasalnya, adanya gulma bisa mengganggu pertumbuhan dari tanaman yang dirawat. Sehingga secara tidak langsung bisa mengurangi kecantikan dari tanaman tersebut.

 

Jangan lupa juga untuk memangkas daun snow white yang sudah layu. Dengan demikian, tanaman hias anda akan tetap sehat dan indah.

 

4. Tempatkan Pada Area Yang Teduh

Meski membutuhkan paparan sinar matahari penuh, namun tanaman hias daun snow white harus ditempatkan pada area yang teduh, sejuk dan aman.

 

Hal ini bisa anda akali dengan menempatkan pot pada teras rumah, atau area yang lain ternaungi.

 

Demikianlah ulasan singkat terkait tanaman hias daun aglonema snow white. Semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done