81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tahapan Dan Cara Budidaya Daun Bidara Di Rumah

Bagaimana Tahapan Dan Cara Budidaya Daun Bidara Di Rumah? Nah bagi anda yang tertarik untuk budidaya tanaman bidara, maka sudah pas jika membaca artikel ini.

 

Pohon bidara dengan nama latin Ziziphus Mautitiana, diduga berasal dari China. Banyak orang yang melakukan budidaya tanaman ini karena dipercaya mempunyai manfaat untuk menangkal ilmu hitam.

Tahapan Dan Cara Budidaya Daun Bidara Di Rumah

Sedangkan dari sisi kesehatan, daun bidara sangat maik dalam membersihkan udara sekaligus sebagai obat herbal untuk mengaatsi depresi.

 

Hal tersebut tentunya tidak luput dari kandungan senyawa yang terdapat pada daun bidara. Bahkan buahnya yang berbentuk bulat berwarna kecokelatan, bisa dikonsumsi dengan cita rasa yang khas.

 

Bagaimana cara menanam daun bidara agar cepat tumbuh dan berbuah? Jika anda memang sudah penasaran, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

 

1. Menanam Bidara Dengan Sistem Generatif (Biji)

Dengan alasan banyaknya manfaat, tidak sedikit orang yang ingin budidaya bidara di rumah. Namun sebelum membudidayakannya, anda harus menumbuhkannya terlebih dahulu dari biji.

 

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yakni pisau, lumut, mangkuk, handuk kertas, kantong plastik, pot, dan juga tempat perkecambahan.

 

Anda juga memerlukan biji dari buah yang sudah matang. Atau bisa juga mengambil biji dari buah yang sudah kering. Renda biji tersebut dengan air hangat selama 1 jam dan dikeringkan.

 

Pindahkan bibit dan bungkus dengan lumut yang lembab kemudian diletakkan ke dalam mangkuk. Tutup kembali dan rendam hingga 24 jam.

 

Tabur (tanam) benih pada pot kecil yang sudah di sterilkan. Siram pot dan simpan pada area dekat jendela dengan intensitas caya cerah.

 

Yang terpenting, anda harus memperhatikan tingkat kelembapan media pembibitan. Siram dan setelah 3 hingga 4 minggu perkecambahan, anda bisa memindahnya pada media yang lebih besar.

 

Selanjutnya, bibit akan mulai menumbuhkan daun dewasa atau matang. Sehingga anda pun bisa melakukan pemindahan bibit pada pot yang sudah berisi tanah.

 

2. Lakukan Pemangkasan

Langkah ini bisa anda lakukan saat memasuki musim kemarau. Pangkas kayu atau ranting jika dirasa mengganggu pertumbuhan. Jangan lupa untuk mensterilkan alat pangkas sebelum digunakan.

 

3. Penanaman Bidara di Tanah

Proses budidaya bidara menggunakan biji dan pertumbuhannya sangat mudah tanpa memilih kondisi tanah. Akan tetapi, diperlukan sistem drainase yang baik.

 

Berikan pupuk sebelum memasuki masa pembuahan. Jenis pupuk yang cocok ialah berbagain organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos.

 

4. Solusi Penyakit Dan Hama

Masalah yang sering muncul pada daun bidara ialah busuk akar kapas. Sehingga anda harus menghindari menanam pohon di tempat sebelumnya (tempat yang sama) sebab tanaman akan mati.

 

Sedangkan untuk masalah lain, yakni terletak pada pertumbuhan akar yang terdapat semak pada pohon yang sudah dewasa. Dalam hal ini, anda harus segera memotong akar yang tumbuh.

Post a Comment

Post a Comment