81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Ginseng Jawa Agar Tumbuh Subur Dan Sehat

Bagaimana Cara Menanam Ginseng Jawa Agar Tumbuh Subur Dan Sehat? Informasi untuk pecinta tanaman, ternyata ginseng jawa bisa ditanam pada media pot atau polybag. Penasaran? Yuk simak rangkuman berikut!

 

Seperti yang kita ketahui, menanam ginseng di rumah bisa suatu hobi atau bahkan dijadikan lahan bisnis sampingan jika di geluti secara serius.

Cara Menanam Ginseng Jawa Agar Tumbuh Subur Dan Sehat

Akan tetapi, sebelum masuk pada pembahasan yang lebih lanjut. Anda juga harus paham dan kenal dengan jenis tanaman yang satu ini.

 

Ginseng sendiri merupakan sejenis tanaman yang mempunyai bentuk seperti akar yang menyerupai manusia. Meski identik dengan Korea Selatan, namun nyatanya ginseng tidak hanya tumbuh di negara tersebut.

 

Melansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 3 jenis ginseng berdasar dari lokasi tumbuh. Beberapa diantaranya ialah ginseng Asis (Oriental), Ginseng Amerika, dan Ginseng Siberia.

 

Untuk syarat tumbuh dari tanaman ini ialah berada di ketinggian sekitar 0-1 hingga 1.600 mdpl, mempunyai suhu 2-33 derajat Celsius, kondisi tanah yang sibur, serta mempunyai sistem irigasi yang baik.

 

Untuk bisa budidaya ginseng Jawa dengan media pot, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya mencakup :

 

1. Menyiapkan Benih

Ada dua cara menanam ginseng, pertama dengan menyemai biji, dan kedua ialah dengan metode stek batang. Akan tetapi, kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Beberapa aspek penting yang harus diperhatikan saat memilih bibit : Berasal dari tanaman induk yang sehat dan sudah matang, sudah disimpan selama 3 hari pada area yang lembab, serta dipotong pada bagian pangkah dengan bentuk miring.

 

2. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang harus disiapkan juga sangat bervariasi, mulai dari pupuk kandang, tanah gembur, arang sekam, pot atau polybag, cetok, dan air secukupnya.

 

3. Proses Penanaman Bibit

Setelah semua perlangkapan siap, maka anda sudah bisa menuju pada proses penanaman. Berikut dua cara menanam ginseng yang bisa anda lakukan :

 

Menaman Ginseng Dengan Metode Semai Biji

  • Campur tanah gembur, pupuk kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1 serta aduk semuanya menggunakan cetok.
  • Masukkan bahan tadi pada media tanam pot atau plybag dan tebarkan biji
  • Tutup dengan campuran tanah dan pupuk dan siram dengan air secukupnya.


Menanam Ginseng Dengan Metode Stek Batang

  • Campur tanah, pupuk kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1
  • Masukkan bahan tadi pada media tanam dengan ukuran sedang (ketinggian sekitar 15 cm)
  • Buat lubang di bagian tengah dn tancapkan ginseng jawa yang sudah disiapkan.
  • Tambah campuran tanah dan pupuk kandang kemudian padatkan tanah agar ginseng bisa berdiri tegak
  • Siram dengan air secukupnya hingga tanah menjadi lembab.

 

4. Proses Pemeliharaan

Setelah proses penanaman, tentu anda harus melakukan perawatan yang baik agar ginseng bisa tumbuh maksimal. Setidaknya ada 3 poin yang patut diperhatikan.

 

Penyiraman : Siram ginseng sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, sesuai usia tanaman. Jangan menyiram terlalu berlebihan agar tanamanginseng tidak busuk.

 

Penyulaman : Langkah ini penting dilakukan jika tanaman tidak tumbuh atau mati. Gantilah bibit dengan yang baru agar pertumbuhan bisa dilakukan serentak.

 

Pemupukan : Pakai pupuk serbuk atau cair dalam proses pemupukan. Setidaknya anda bisa melakukannya minimal 1 hingga 2 bulan sekali.

 

Bagaimana dengan proses panen? Jika usia tanaman sudah mencapai 4 hingga 5 bulan, maka Ginseng Jawa pun sudah bisa dipanen.

Post a Comment

Post a Comment