81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah

Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah ini sebenarnya sangat sederhana. Asal anda sudah punya ide dan desain yang ingin diterapkan. Jika masih bingung, maka bisa membaca tips dibawah ini.

 

Apa anda mempunyai lahan kosong di depan rumah? Tentu akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk taman. Pasalnya, lahan sempit bukan alasan sebagai hambatan dalam mendeain taman. Dalam hal ini, ada banyak cara yang bisa dijadikan alternatif.

Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah

Penting diketahui, taman bukan hanya berfungsi sebagai pemercantik rumah, melainkan juga akan memberi ruang hijau dan sentuhan asri dengan udara yang sejuk. Nah untuk mensiasati pembuatan taman pada lahan yang terbatas, simak daftar singkat dibawah ini!

 

1. Lakukan Perencanaan Dengan Baik

Semua hal dalam kehidupan sehari-hari, tentu perlu perencanaan yang tepat. Tidak terkecuali keinginan anda untuk membuat taman.

 

Taman yang asri, selalu bermula dari perencanaan yang matang dan rapi. Oleh karena itu, susun dan tetapkan terlebih dahulu sebelum diterapkan.

 

Hal pertama yang patut direncanakan ialah desain taman, beserta dengan fungsi di belakang hari. Yang paling umum diterapkan ialah penambahan kolam, penempatan batu alam, atau sejenisnya.

 

2. Tentukan Lokasi Terbaik Untuk Taman

Membuat taman tidak hanya sekedar berfungsi untuk pemandangan yang indah, namun jika harus diperhatikan dari sisi penempatan.

 

Salah satu aspek penting yang dimaksud ialah pencahayaan dari sinar matahari. Pasalnya tidak semua bagian depan rumah terpapar sinar matahari.

 

3. Pembuatan Taman Kecil Dengan Aspek Lahan

Setelah anda menetapkan perencanaan sekaligus menentukan lokasi lahan, maka sudah saat anda menyiapkan lahannya.

 

Setidaknya ada dua tahap yang perlu anda lakukan, yakni pembersihan lahan dan juga peningkatan kualitas tanah (lahan).

 

Bersihkan lahan dari sampah, gulma dan yang lainnya. Pindahkan pula beberapa benda yang mengganggu sehingga lahan benar-benar kosong.

 

Berikutnya, lakukan penggemburan pada tanah agar tanaman lebih mudah tumbuh. Prosesnya ialah dengan mencangkul tanah, sehingga air dan oksigen bisa terserap maksimal.

 

4. Melakukan Pemilihan Tanaman

Proses selanjutnya, anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti iklim, kondisi cuaca dan pencahayaan dari sinar matahari.

 

Jika anda bingung saat memilih tanaman yang cocok, maka jangan segan untuk bertanya pada penjual tanaman hias. Tanyakan juga cara menanam dan merawat dari tanaman yang anda beli.

5. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Proses pembuatan taman tidak hanya dikerjakan satu kali, melainkan prosesnya sangat panjang dan mungkin terbilang melelahkan.

 

Akan tetapi, semua akan terbayar atau bahkan mungkin terasa menyenangkan jika anda hobi merawat tanaman.

 

Jika taman anda sudah selesai dikerjakan, maka laukan perawatan sesuai dengan yang dianjurkan. Pasalnya, tanaman tidak bisa tumbuh sendri dan perlu bantuan anda sebagai pemilik.

 

Jadwalkan perawatan rutin agar taman tetap indah. Baik dari sisi pembersihan gulma, sampah, hama, dan penyiraman yang intens secara teratur. Bahkan perlu juga memberikan pupuk sesuai takaran dan kebutuhan tanaman.

Post a Comment

Post a Comment