81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Budidaya Bunga Euphorbia Yang Baik Dan Benar

Ada beberapa Cara Budidaya Bunga Euphorbia Yang Baik Dan Benar. Salah satunya ialah memperhatikan pembibitan, penanaman,  dan juga perawatan. Untuk lebih jelasnya, bisa anda simak pada uraian dibawah ini!

 

Sekedar untuk tambahan informasi, Euphorbia atau yang lebih dikenal dengan Eforbia, merupakan jenis tanaman hias yang mempunyai perawatan sangat mudah. Bahkan bisa dibudidayakan pada daerah tandus (iklim tropis) ataupun iklim dingin.

Cara Budidaya Bunga Euphorbia Yang Baik Dan Benar

Meski begitu, anda jangan mencoba menanam eforbia pada daerah yang tergenang air. Sehingga meminimalisir terjadinya pembusukan akar.

 

Jika anda ingin melihat tanaman euphorbia bisa tumbuh sempurna, ada baiknya menerapkan cara tanam dibawah ini.

 

1. Proses Pembibitan

Cara menanam euphorbia yang pertama ialah memperhatikan proses pembenihan. Untuk memperoleh benih yang baik, anda bisa menggunakan metode generatif ataupun stek.

 

Sistem generatif umumnya diterapkan pada buah euphorbia yang sudah berumur dan tua atau matang. Nantinya, benih akan muncul saat buah sudah berubah warna menjadi cokelat.

 

Pada saat itu, euphorbia bisa dijadikan bibit untuk ditanam. Namun selain cara itu, anda juga bisa memperoleh bibit dengan stek, yakni dilakukan dengan memotong batangnya.

 

2. Proses Penanaman

Sebelum menanam euphorbia, anda harus menyiapkan pot atau media tanam terlebih dahulu. Gunakan pot agar lebih mempermudah saat memindahkan euphorbia pada ruangan tertentu.

 

Selanjutnya, isi pot menggunakan media tanam tanah humus yang dicampur dengan bahan-bahan alami yang lain. Baik itu pupuk kompos ataupun pupuk kandang.

 

Poin penting yang harus anda pahami, pastikan jika pot yang digunakan tidak diisi tanah dengan penuh. Cukup isi pot dengan tanah setengahnya saja.

 

Meski euphorbia bisa tumbuh dengan ukuran besar, namun perlu dihindari penggunaan pot berukuran besar pula. Sehingga seiring pertumbuhan, anda bisa menyesuaikan ukuran pot.

 

3. Langkah Perawatan

Dengan perawatan yang sangat mudah, euphorbia hanya butuh pencahayaan yang cukup. Maka dari itu, anda perlu meletakkan tanaman ini pada area yang terkena paparan sinar matahari langsung.

 

Meski begitu, anda harus menjaga volume penyiraman agar tanaman bisa tumbuh optimal. Jangan mencoba untuk menyiram euphorbia berlebihan, cukup jaga kelembapan media tanam saja.

 

Volume penyiraman yang berlebih, hanya akan menyebabkan pembusukan pada akar. Jadi, upayakan untuk menghindari proses penyiraman yang bisa memicu pembusukan.

 

Apabila anda sudah melakukan cara penanaman euphorbia seperti yang sudah kami sebutkan diatas, pastinya tanaman ini akan tumbuh subur dengan sendirinya.

 

Sampai disini, kami rasa tips yang kami bagikan sudah bisa dipahami. Poin penting lainnya, jaga tanaman dari gangguan gulma dan cabut rumput yang bisa menghambat pertumbuhan dari tanaman yang anda rawat.

 

Demikianlah ulasan yang bisa kami bahas tentang cara budidaya eforbia, semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Post a Comment

Post a Comment