81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

5 Fakta Unik Tentang Tanaman Hias Adam Hawa Ungu

Tanaman hias adam hawa ungu kian hari semakin dikenal lantaran bentuk dan warna daunnya yang unik. Poin ini yang sekaligus menjadi daya tarik bagi tanaman tersebut.

 

Beberapa waktu lalu, tanaman adam hawa sempat populer dikarenakan fungsinya yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan.

5 Fakta Unik Tentang Tanaman Hias Adam Hawa Ungu

Tidak sedikit yang mengklaim bahwa tanaman tersebut bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit. Terlepas dari itu, warna daunnya yang berwana ungu mampu mencuri perhatian pecinta tanaman hias.

 

Bagi anda yang penasaran, berikut beberapa fakta terkait dengan tanaman adam hawa ungu. Simak hingga akhir ya!

 

1. Mempunyai daun warna ungu dan bunga yang mekar di pagi hari

Tidak beralih dari namanya, tanaman ini memang mempunyai daun berwarna ungu. Pada bagian bahwa daun, terdapat sedikit warna ungu terang dilengkapi dengan bayang merah muda.

 

Seperti yang diketahui, tanaman ini tumbuh menjalar di permukaan tanah. Sedangkan untuk tingginya, bisa mencapai 30 hingga 45 cm dengan diameter batang 1 hingga 2 cm.

 

Tanaman ini mempunyai daun yang runcing, dan mempunyai bunga yang hanya mekar di pagi hari. Bentuk bunganya pun kecil, muncul pada helai daun.

 

2. Perawatan Yang Mudah

Tidak hanya dari perawakannya yang cantik, namun perawatannya pun sangat mudah. Sedangkan untuk memperbanyak, bisa dilakukan dengan cara stek batang.

 

Selanjutnya, tanaman ini juga suka dengan sinar matahari. Sehingga tidak menjadi masalah meski diletakkan di halaman.

 

Terlebih lagi, tanaman ini juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga tidak harus khawatir stres dan sejenisnya.

 

Akan tetapi, jika anda ingin melihat tanaman adam hawa tumbuh maksimal. Maka bisa memilih tanah berpasir dan batu koral. Jangan lupa juga untuk lebih rutin menyiramnya.

 

3. Bisa dimanfaatkan Sebagai Pewarna Alami

Dengan warna ungu sedikit gelap,perawatan bisa dilakukan dengan hanya menempatkan tanaman pada area yang terpapar sinar matahari.

 

Warna ungu dari daun berasal dari kandungan pigmen antosianin yang ada pada tanaman tersebut. Pada kenyataannya, pigmen ini bisa digunakan sebagai pewarna alami.

 

Baik itu untuk pakaian ataupun pewarna makanan. Sama-sama aman lantaran berasal dari bahan alami.

 

4. Bisa dijadikan tanaman hias gantung

Meski pertumbuhannya sangat baik ditanam pada tanah, akan tetapi tanaman adam hawa ungu juga bisa ditanam sebagai tanaman gantung.

 

Mempunyai sifat merambat, tentu batang akan menjuntai dengan cantik apabila digantung.

 

Bisa disebut jika tanaman ini mempunyai kecepatan tumbuh yang tinggi. Sehingga anda harus lebih rajin mengurusnya supaya tidak terlalu panjang.

 

5. Dijadikan tanaman obat

Tanaman adam hawa ungu dipercaya bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami dengan fungsi untuk menangkal banyak penyakit.

 

Beberapa manfaat yang dimaksud ialah untuk menangkal radikal bebas, obat diare, menyembuhkan bronkitis, anemia, mencegah tumor, nyeri sendi dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Tentu hal ini menjadikan banyak orang beramai-ramai mencari tanaman adam hawa, sehingga harganya pun ikut melambung.

 

Akan tetapi, anda jangan langsung percaya dengan manfaat obat tersebut. Sebab belum ada uji klinis terkait tanaman adam hawa.

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 Fakta Unik Tentang Tanaman Hias Adam Hawa Ungu. Semoga bisa menjadi referensi yang memang benar dibutuhkan!

Post a Comment

Post a Comment