81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Manfaat Dan Cara Menanam Kencur Di Rumah

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nama keuncur. Sebab rimpang ini sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk bumbu masakan ataupun ramuan jamu.


Kencur atau yang juga dikenal sebagai cekur, merupakan tanaman yang mempunyai akar batang yang tumbuh didalam tanah. Umumnya dipakai untuk rempah dan ramuan obat.

Manfaat Dan Cara Menanam Kencur Di Rumah

Jika mempelajari lebih jauh, kencur masuk pada jenis tanaman tergolong empon-empon (rimpang) yang masih satu suku dengan temu-temuan (zingberaceae).


Rimpang sendiri mempunyai kandungan dan minyak atsiri dan alkaloid yang bisa dimanfaatkan sebagai stimulan. Sehingga sangat tidak heran jika kencur mempunyai khasiat yang cukup baik dalam menjaga kesehatan.


Menurut yang kami rangkum dari Wikipedia berbahasa Indonesia, kencur merupakan temu kecil yang bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang kondisinya tanahnya gemur serta tidak terlalu banyak air.


Sedangkan untuk cirinya, jumlah helaian daun tidak lebih dari 2 hingga 3 lembar saja. Susunan daun berhadapan dan tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.


Dari sisi bunga, tersusun majemuk setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 hingga 12 buah. Bibir bunga berwarna lembayung yang dominan berwarna putih.


Jika anda ingin budidaya kencur, harus memilih waktu yang tepat agar tanaman ini bisa tumbuh baik. Kencur bisa tumbuh subur saat musim penghujan.


Dalam hal ini, anda pun bisa menggunakan media tanam berupa pot atau bisa juga langsung ditanam ditanah yang cukup paparan sinar matahari. Area yang cocok ialah setengah ternaungi dan kondisi tanah tidak terlalu basah.


Kenapa kencur kaya akan manfaat? Apa saja kandungan didalamnya? Pertanyaan ini bisa terjawab dengan mudah jika anda mencari referensi yang tepat.


Berbicara jujur, kencur memang kaya akan kandungan kimia alami yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa kandungan tersebut mencakup pati, mineral, minyak atsiri (sineol, asam metil, asam penta dekaan, asam sinamat, borneol, etil ester, kamphene, asam anisat, paraeumarin, alkaloid, dan juga gom.


Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Tidak jarang digunakan sebagai obat herbal, kencur menyimpan beragam manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya sebagai jamu. Manfaat yang paling umum ialah : meringankan gejala sakit kepala, meredakan batuk, melancarkan / meluruhkan keringat, dan mengeluarkan dahak.


Cara Budidaya / Menanam Kencur

Untuk bisa budidaya kencur, sebenarnya langkah yang perlu diterapkan sangatlah sederhana. Sebab anda hanya memerlukan rimpang kencur yang dijadikan sebagai bibit.

  • Pertama, anda siapkan kencur yang sudah tua (tidak terlalu muda)
  • Letakkan kencur pada area yang lembab dan sedikit basah (bisa menggunakan polybag, pot, atau diletakkan langsung pada tanah).
  • Jika sudah muncul tunas, maka anda bisa memindahkannya pada media tanam permanen.
  • Usahakan menanam kencur pada media yang gembur, lembab, dan sedikit ternaungi.
Post a Comment

Post a Comment