81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Ini Cara Merawat Dan Menanam Bunga Impatiens Yang Benar

Meski penanamannya sangat mudah, namun masih sedikit orang yang mempraktekkan sendiri budidaya bunga impatiens di rumah. Padahal cara perawatannya juga tidak kalah mudah.


Pada dasarnya, bunga impatiens terdiri dari berbagai macam jenis. Yang paling umum dikenal ialah jenis Impatiens Balsamina atau yang serinf disebut bunga pacar air.

Ini Cara Merawat Dan Menanam Bunga Impatiens Yang Benar

Untuk saat ini, muncul jenis baru yang tidak kalah cantik, yakni Impatiens hibrida. Bunga ini merupakan hasil persilangan dengan stek batang atau secara vegetatif.


Teknik atau tata cara penanaman bunga ini sejatinya sangatlah mudah. Sebab anda hanya perlu menebar biji bunga ke permukaan tanah. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh liar di selokan atau tempat-tempat yang banyak air.


Cara Merawat dan Menanam Bunga Impatens Di Rumah

Bagi anda yang tertarik untuk merawat bunga impatiens, tentu bisa mempelajari syarat hidup dari tanaman tersebut. Apa saja?


1. Menyediakan Media Tanam Yang Baik

Bunga impatiens sangat cocok menggunakan media tanam berasal dari camuran tanah, sekam, cocopeat, dan juga pupuk kompos atau pupuk kandang. Tentunya media tanam ini bisa anda buat sendiri di rumah.


Proses pembuatan pupuk kompos pun terbilang mudah, terlebih lagi bahan-bahannya bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.


Akan tetapi, campuran media tanam tersebut akan lebih baik jika terbebas dari berbagai benda asing, seperti halnya kerikil, sisa plastik, atau beberapa gumpalan tanah yang belum terurai.


Perlu dipastikan jika media tanam sudah bebas dari hama agar tidak merusak tanaman bunga di kemudian hari.


2. Meletakkan Di Area Teduh

Perlu dipahami, bunga impatiens memerlukan suhu sekitar 26 hingga 30 derajat Celcius di pagi hingga siang hari, dan 18 hingga 20 derajat Celcius di malam hari. Tujuannya agar bunga bisa tumbuh maksimal.


Dalam hal ini, bunga impatiens sangat baik ditempatkan pada area yang teduh. Sebagai contoh ialah dibawah pohon, di teras rumah, atau bahkan ditaruh dalam ruangan.


Untuk memperoleh kesan yang sedikit berbeda, anda juga bisa menggantung pot bunga impatiens di bawah atap teras. Tentu akan menambah kesan indah dan sejuk.


3. Lakukan Penyiraman Secara Teratur

Tidak hanya bunga impatiens saja, tanaman lain pun membutuhkan air untuk bertahan hidup. Terlebih lagi bunga impatiens sangat suka dengan air.


Oleh karena itu, jangan sampai anda terlambat melakukan penyiraman. Apalagi anda menanam bunga ini di dalam pot. Jadi, tetap jaga tingkat kelembapan dari media tanam.


4. Beri Tambahan Pupuk

Penerapan pupuk sangat dibutuhkan untuk menunjang ketersediaan nutrisi dalam tanah. Oleh karena itu, lakukan pemupukan meski dengan volume yang jarang.


Pupuk sendiri tidak hanya dari bahan kimia saja, namun anda bisa memanfaatkan pupuk kandang ataupun pupuk kompos yang bisa dibuat sendiri.


5. Jaga Dari Serangan Hama

Hama dan penyakit merupakan musuh besar bagi bunga impatiens. Maka dari itu, anda harus waspada dengan kehadiran hama tersebut.


Sekali terinfeksi hama, maka sangat sulit unutk memulihkan keadaan. Bahkan tidak jarang bunga impatiens mati karena ada hama atau penyakit yang menyerang.

Post a Comment

Post a Comment