81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Daun Sirih, Tanaman Obat Yang Kaya Manfaat

Ingin menamam daun sirih di rumah? Ketahui dulu kandungan dan manfaatnya. Dalam hal ini, tidak sedikit orang yang belum tahu tentang manfaat sirih. Padahal jika kita tahu, khasiat daun sirih sangat dahsyat untuk kesehatan tubuh.


Seperti yang kita ketahui, sirih merupakan tanaman asli Indonesia. Ia bisa tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai salah satu budaya, daun dan buahnya sangat umum dikunyah berama gambir, pinang, tembakau dan juga kapur.

Daun Sirih, Tanaman Obat Yang Kaya Manfaat

Akan tetapi, saat ini mengunyah daun siri sudah dikaitkan dengan pemicu penyakit kanker mulut. Serta berdampak pada pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.


Selain itu, kapur yang dikunyah bersama sirih, menjadikan gusi mengkerut (periodentitis) yang bisa menjadikan gigi tangal, meski pada dasarnya sirih mempunyai kandungan antiseptik yang bisa mencegah gigi berlubang.


Sejak dulu kala, sirih memang sudah lazim dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Fungsinya mempunyai peranan penting dalam kehidupan serta beberapa upacara adat di rumpun Melayu.


Sedangkan di Indonesia sendiri, sirih merupakan jenis flora khas Kepulauan Riau. Masyarakat disana sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih. Khususnya ketika upacara penyambutan tamu serta menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.


Dengan fungsi yang cukup signifikan, tidak heran jika masyarakat Indonesia sering menanam daun sirih. Selain bisa menjadi tanaman obat, tentunya sirih juga sangat indah dijadikan tanaman hias.


Dari sekian banyak manfaat sirih, apa sih saja kandungan yang terdapat pada tanaman yang satu ini? Dalam hal ini, daun sirih kaya akan minyak atsiri.


Didalamnya mengandung minyak terbang, seskuiterpen, pati, diatase, gula serta zat samak dan kavikol. Fungsi dari beberapa senyawa alami ini bisa mematikan kuman, antioksidasi dan juga fungisida yang bersifat antijamur.


Jika dibahas secara singkat, sirih mempunyai khasiat untuk menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri dan cendawan. Bahkan daun sirih juga mempunyai sifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka, serta mengatasi gangguan sistem pernafasan.


Tidak hanya itu saja, sirih juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, bersifat hemostatik, dan menghentikan pendarahan.


Umumnya, sirih dipakai untuk menyumbat hidung berdarah dengan cara mencuci hingga bersih dan menggulungnya sebelum dipakai untuk menyumbat lubang hidung.


Ditambah lagi, sirih juga mempunyai kandungan bahan aktif fenol dan kavikol yang bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap. Kandungan ini umum didapat dari jenis sirih hutan.


Apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan? Manfaat sendiri masih terbagi dengan cara pemakaian. Bisa untuk konsumsi dan juga pemakaian luar (obat balur).


Sirih yang dikonsumsi dipercaya bisa mengobati batuk, sariawan, jerawat, bronkitis, keputihan, demam berdarah, sakit gigi, bau mulut, asma, haid tidak teratur, bau ketiak, membersihkan mata, gusi bengkak, radang tenggorokan, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Sedangkan untuk pemakaian luar, sirih diyakini bisa menyembuhkan eksim, luka bakar, kurap kaki, korengan, bisul, mimisan, pendarahan gusi, sakit mata, menghilangkan gatal, dan juga mengurangi produksi ASI yang berlebihan.

Post a Comment

Post a Comment