81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Budidaya Bunga Camelia Di Rumah

Internet menjadi solusi paling mudah untuk mencari referensi. Tidak terkecuali dalam hal merawat dan menanam bunga camelia.


Seperti beberapa artikel yang kami bahas sebelumnya, menanam bunga camelia bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghias dan mempercantik halaman rumah.

Cara Budidaya Bunga Camelia Di Rumah

Selain mempunyai bentuk bunga yang begitu indah, tentu bunga ini juga kaya akan warna yang menarik. Maka dari itu, tidak heran banyak orang yang menyebut jika camelia hampir mirip dengan bunga mawar.


Meski hampir sama dari segi bentuk dan warna, akan tetapi bunga camelia mempunyai ukuran yang lebih kecil. Kelopak bunganya pun lebih sedikit jika dibanding dengan mawar.


Jika anda memang tertarik untuk menanamnya sendiri di rumah, berikut beberapa poin yang bisa anda lakukan.


1. Memilih Bibit Yang Baik

Sebagai langkah awal, tentu anda harus memilih bibit camelia yang berkualitas. Dengan demikian, maka besar kemungkinan hasil yang diperoleh lebih indah dan menarik.


Ciri bibit dengan kualitas baik ialah : mempunyai warna daun yang hijau segar, tidak cacat pada bagian akar, batang, hingga daun, serta bibitnya sehat dan tidak terserang hama ataupun penyakit.


2. Proses Penanaman

Apabila bibit bunga sudah siap, maka poin berikutnya ialah melakukan penanaman. Dianjurkan untuk menggunakan pot karena dinilai lebih menguntungkan, praktis dan lebih mudah.


Terlepas dari itu, anda pun bisa mengontrol pertumbuhan tetap stabil. Namun jika ingin melakukan penanaman di tanah langsung, silahkan simak langkah berikut :

  • Pilih pot atau polybag dengan ukuran diameter 20cm, cuci dibawah air mengalir dan keringkan.
  • Siapkan media tanam campuran tanah humus dan akar pakis dengan perbandingan 1:1. Bisa pula dengan media tanam sekam bakar, kompos, atau cocopeat.
  • Anda bisa merebus akar pakis agar lebih steril. Kemudian masukkan pecahan batu bata pada bagian dasar pot, dilanjutkan media tanam.
  • Tekan media tanam hingga padat dan buka pembungkus bibit yang ada dalam polybag.
  • Buat lubang tanam dan masukkan bibit. Pastikan jika bagian akar sudah tertutup dan tidak tampak.
  • Sisakan 4 hingga 5 helas daun pad bibit agar penguapan bisa di minimalisir.


3. Langkah Perawatan Dan Pemeliharaan

Tahap sangat penting agar memperoleh bunga camelia yang indah, yakni langkah memelihara dan merawatnya dengan benar.


Pada dasarnya, bunga camelia tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bahkan langkah perawatan tidak berbeda jauh dengan jenis tanaman hias yang lain.


Akan tetapi, agar tanaman bisa tumbuh baik, maka ada beberapa poin yang juga perlu diperhatikan, diantaranya : Jaga tanah tetap gembur, rutin menyiram (menjaga kelembapan tanah), tambahkan puuk daun NPK setiap 4 hingga 5 minggu sekali, hindari terpapar sinar matahari langsung, serta lakukan pemangkasan secara rutin.

 

4. Pengendalian Hama dan Penyakit

Umumnya bunga camelia tergolong pada jenis tanaman yang jarang terserang hama ataupun penyakit. Akan tetapi sekedar untuk pencegahan, anda bisa bisa menyemprot insektisida dengan porsi sewajarnya.

Post a Comment

Post a Comment