Tips Membeli Tanaman Online Yang Patut Diketahui - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Sunday, November 22, 2020

Tips Membeli Tanaman Online Yang Patut Diketahui

Pada masa pandemi yang waktunya masih tidak bisa ditentukan, tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di dalam rumah. Akan tetapi, banyak pula orang yang semakin produktif dengan membersihkan rumah, memasak, hingga bercocok tanam.


Dalam hal ini, membeli tanaman secara online menjadi cara yang paling sederhana dan juga aman. Sebab anda tidak harus datang langsung, serta meminimalisir adanya penularan Covid-19.

Tips Membeli Tanaman Online Yang Patut Diketahui

Meski dari sisi harga terbilang sedikit lebih mahal, namun cara ini membuat anda lebih tenang serta tetap bisa menyalurkan hobi bercocok tanam.


Nah bagi anda yang ingin membeli tanaman secara online, berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa saja?


1. Jeli Dalam Memilih Marketplace

Dengan memilih marketplace terpercaya, maka nantinya anda pun akan memperoleh kualitas tanaman yang sesuai dengan keinginan.


Banyak pedagang yang menawarkan harga dibawah rata-rata, dengan kualitas yang sesuai. Namun tidak sedikit pembeli yang tertipu lantaran penjual kabur dan memblokir akun si pembeli.


Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tahu dulu siapa pembeli dan dimana lokasinya. Tidak luput pula untuk melihat ulasan dari orang-orang yang sudah pernah menjadi pelanggannya.


2. Melihat dan Membaca Ulasan Pelanggan

Setelah memilih marketplace yang cocok, maka tidak lupa membaca ulasan pada setiap produk yang sudah terjual. Pasalnya cara ini akan membantu anda dalam memberikan estimasi anggaran.


Apabila memang ulasannya bagus, maka bisa menjadi pertimbangan untuk membeli tanaman dari penjual yang sama.


3. Membaca Keterangan Dengan Detail

Umumnya, gambar tanaman yang tampak secara online tidak selalu mirip dengan yang dikirimkan. Supaya anda tidak kecewa, maka baca keterangan secara detail.


Apa yang dikirim pot dan tanah, ukurannya berapa, bisa pula dikirim dengan akr telanjang (tanpa pot), atau bahkan stek muda. Jika anda membaca kebijakan penjual, maka bisa mencegah salah beli.


4. Sesuaikan Tanaman Dengan Opsi Paket Dan Pengiriman

Poin yang juga tidak kalah penting, yakni memperhatikan spesies tanaman yang akan anda beli. Jangan lupa untuk memastikan opsi pengiriman yang tercepat.


Khususnya ketika anda membeli tanaman yang mudah layu atau mati. Sebagai contoh ialah tanaman hias dan juga tanaman yang tidak berkayu.


Apabila masih ragu, jangan sungkan untuk bertanya pada penjual. Apa penjual bersedia untuk menambah lebih banyak tanah, memberi obat anti stress, membuat packing tambahan, intinya bisa menjaga kondisi tanaman saat proses pengiriman.


5. Tambahan Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman tentunya menjadi poin penting yang tidak luput dari perhatian. Apabila tersedia layanan antar secara cepat dengan biaya ekstra, maka akan lebih baik dipilih.


Sebab umumnya tanaman tidak boleh menghabiskan lebih dari lima hari dalam kotak (tanpa matahari). Sehingga dengan lebih cepat sampai, maka tanaman tidak matu atau layu.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done