81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Menanam Kaktus Di Dalam Rumah

Adakah Tips Dan Cara Menanam Kaktus Di Dalam Rumah? Meski menanam kaktus terbilang mudah, akan tetapi harus memperhatikan beberapa poin agar tanaman tersebut tidak layu atau bahkan mati.


Nah, jika anda hendak menanam kaktus di dalam ruangan. Tentu harus melakukan cara yang tepat. Sebagai contoh ialah jangan terlalu sering menyiramnya, cukup menjaga kelembapan media tanam agar kaktus tetap bisa hidup.

Tips Dan Cara Menanam Kaktus Di Dalam Rumah

Untuk memberikan pemecahan masalah, disini kami sudah merangkum beberapa poin yang mungkin bisa membantu anda.


Dalam hal ini, anda hanya perlu memahami beberapa poin dasar dalam merawat kaktus sebagai tanaman hias. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak ulasan berikut ini.


1. Perhatikan Pencahayaan

Kondisi cahaya yang kuat, sangat penting untuk tetap bisa menjaga kesehatan kaktus gurun. Sedangkan untuk kaktus hutan, lebih suka cahaya matahari namun tidak langsung seperti kaktus gurun.


Langkah penerapan yang tepat, anda harus memindahkan kaktus anda ke luar ruangan ketika matahari sudah muncul. Kemudian memindahkannya kembali jika di rasa sudah cukup.


2. Memperhatikan Kondisi Tanah / Media Tanam

Tidak sedikit orang yang abai dengan media tanam yang mereka gunakan. Untuk menanam kaktus, anda perlu mengubah pot biasa dengan zat anorganik.


Sebagai contoh ialah perlit, dengan tujuan untuk meningkatkan drainase serta aerasi. Sedangkan untuk kaktus hutan, pergunakan campuran pot biasa.


3. Jaga Asupan Air

Anda perlu menyiram kaktus setiap kali kompos mulai mengering. Selama proses penyiraman ini, pastikan bahwa tanaman disiram secara menyeluruh.


Kesalahan yang biasanya terjadi pada kaktus gurun ialah, tidak sedikit orang yang terlalu banyak menyiram air. Sehingga bisa memicu pembusukan, baik itu pada pangkal tanaman ataupun pada ujung area yang tumbuh.


Apabila pembusukan sudah berlanjut, maka anda perlu menanam kaktus baru dari stek atau membuang keseluruhan tanaman.


4. Cek Suhu Dan Kelembapan

Saat masih dalam masa pertumbuhan, kaktus gurun lebih suka berada pada suhu panas dan kering. Kisaran suhu berada di 21 derajat Celcius hingga 26 derajat Celcius.


Sedangkan untuk kaktus hutan mempunyai kelembapann yang berbeda, selama musim dingin, kaktus hutan mempunyai jangkauan yang luas, yakni kurang dari 21 derajat Celcius.


5. Lakukan Pemupukan

Pada kaktus gurun, pergunakanlah pupuk selama masa tanam. Dalam hal ini, sejumlah pertani mempunyai hasil yang buruk dengan penggunaan pupuk standar. Sehingga cukup layak untuk dijadikan alasan dalam mencari pupuk kaktus khusus.


Sedangkan untuk kaktus hutan, gunakanlah pupuk standar selama musim tanam. Dalam hal ini, anda juga bisa mengurangi pemberian pupuk selama musim tanam.


6. Bersihkan Dari Hama Umum

Hampir keseluruhan jenis kaktus sangat rentan dengan hama, tidak terkecuali kutu putih, sisik, agas jamur, dan tungau laba-laba.


Pada kebanyakan kasus, tidaklah mustahil untuk membersihkan hama tersebut dengan bantuan kapas dan air.

Post a Comment

Post a Comment