Kumis Kucing, Tanaman Hias Dengan Manfaat Obat - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Tuesday, November 24, 2020

Kumis Kucing, Tanaman Hias Dengan Manfaat Obat

Siapa yang tidak kenal dengan kumis kucing, tanaman yang masih satu keluarga dengan Lamiaceae ini tergolong jenis tanaman obat dan termasuk tanaman asli Indonesia.


Sekedar untuk tambahan informasi, kumis kucing masuk tanaman obat yang mempunyai batang basah dan tegak. Bahkan di beberapa wilayah, tanaman ini dikenal dengan sbutan remujung, songot koceng, serta masih banyak lagi.

Kumis Kucing, Tanaman Hias Dengan Manfaat Obat

Ketika kita berbicara tentang ciri-ciri, kumis kucing termasuk terna tegak, dan mempunyai akar pada setiap buku-bukunya. Sedangkan untuk ketinggian, bisa mencapai hingga 2 meter.


Untuk lebih jelasnya mengenai ciri daun, bunga, dan yang lainnya, anda bisa menyimak cuplikan gambar diatas. Bunganya berwarna putih dan bentuknya memanjang seperti kumis kucing.


Pertanyaannya, apa yang menjadikan tanaman kumis kucing disebut sebagai tanaman obat? Pada poin ini, nyatanya kumis kucing menyimpan banyak manfaat untuk pengobatan.


Tidak sedikit orang yang memanfaatkan daun kumis kucing basah ataupun kering untuk menanggulangi berbagai penyakit.


Di Indonesia sendiri, daun yang kering digunakan sebagai obat untuk memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik), sedangkan di India dipergunakan untuk menyembuhkan rematik.


Masyarakat Indonesia memanfaatkan daun kumis kucing sebagai obat tradisional, dengan upaya untuk menyembuhkan batuk, encok, masuk angin, dan juga memperlancar sistem pencernaan (sembelit).


Selain itu, daun dari kumis kucing mempunyai manfaat untuk mengobati radang ginjal, batu ginjal, kencing manis (diabetes), rematik, albuminuria, penyakit syphilis, dan juga menurunkan kadar glukosa darah.


Disamping itu, sifat diuretik yang tersimpan pada daun kumis kucing, sering juga digunakan untuk antibakteri. Sehingga dengan mengkonsumsi tanaman ini, tubuh akan lebih sehat secara alami.


Bagaimana cara budidaya atau menanam kumis kucing agar tumbuh maksimal? Untuk saat ini, tidak sedikit masyarakat yang menjadikan kumis kucing sebagai tanaman hias.


Akan tetapi, agar tanaman ini bisa tumbuh baik, tentunya anda juga harus memperhatikan beberapa poin yang menjadi syarat tumbuh dari tanaman ini. Apa saja?


1. Memperhatikan Iklim

Kumis kucing bisa tumbuh pada wilayah yang mempunyai curah hujan ideal, yakni sekitar 3.000 mm per tahun.


Sedangkan untuk kebutuhan sinar matahari, harus terpapar penuh tanpa ternaungi. Pasalnya, adanya naungan hanya akan menurunkan ekstrak daun.


Sedangkan untuk poin lainnya, anda juga harus paham dengan suhu udara yang dibutuhkan. Terbilang sederhana, sebab kumis kucing bisa tumbuh baik pada area panas hingga sedang.


2. Media Tanam Yang Cocok

Secara dasar, tanaman kumis kucing bisa dengan mudah tumbuh pada lahan-lahan pertanian. Sedangkan untuk produksi, akan lebih baik memilih tanah yang gembur, subur, dan juga banyak mengandung humus.


Jika anda memang berniat untuk budidaya, gunakanlah tanah andosol dan latosol. Sebab akan membuat kumis kucing tumbuh maksimal.


Selain beberapa poin diatas, anda juga harus memperhatikan gulma atau hama yang mungkin menyerang. Anda bisa menyiangi gulma serta memberantas hama dengan penyemprotan pestisida.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done