81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Di Rumah

Bisa disebut jika cara menanam bunga matahari ini sangat sederhana. Bahkan sudah banyak referensi di internet yang bisa anda gunakan sebagai acuan, tidak terkecuali artikel yang kami tulis ini.


Seperti yang kita ketahui, untuk mempercantik halaman rumah ataupun kebun, bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk juga dengan menanam bunga-bunga dengan tampilan dan warna menarik.

Cara Mudah Menanam Bunga Matahari Di Rumah

Dalam hal ini, bunga matahari merupakan salah satu pilihan terbaik apabila anda ingin menghaidrkan suasana yang menjadikan halaman tampak berwarna dan terkesan lebih ceria.


Bagaimana tahapan dan cara menanam bunga matahari? Untuk lebih jelaskan, mari kita simak sama-sama tahapan-tahapan yang sudah kami rangkum dibawah ini.


1. Memilih Jenis Bunga

Poin pertama yang harus anda lakukan ialah memilih jenis bunga matahari yang sesuai dengan keinginan. Terdapat beberapa jenis bunga yang bisa tumbuh hingga ketinggian beberapa meter.


Akan tetapi, ada pula bunga matahari yang pertumbuhannya tidak lebih dari satu meter. Beberapa diantaranya ialah : Mammoth, Autumn Beauty, Sunbeam, dan juga Teddy Bear.


2. Tips Pemilihan Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari (bibit) yang baik, akan sangat menentukan pertumbuhan dari bunga tersebut. Beberapa poin dibawah ini mungkin patut anda perhatikan terlebih dahulu :

  • Belilah kuaci di toko yang memang mempunyai ulasan baik (jika membeli di ecommerce)
  • Kuaci yang ditanam berbeda dengan kuaci untuk camilan. Umumnya kuaci tanam mempunyai ukuran lebih kecil.
  • Kuaci dari setiap jenis bunga matahari mempunyai bentuk dan warna yang berbeda.
  • Terlepas dari itu, anda juga bisa melakukan uji tanam sebelum benar-benar memilih kuaci terbaik. Cara yang bisa dilakukan ialah dengan merendam kuaci di dalam air selama 5 hingga 10 menit. Kuaci yang memang tidak layak tanam umumnya akan mengapung.


3. Proses Penanaman

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar hasil tanam bisa maksimal. Apa saja?

  • Gemburkan tanah dan tambahkan pupuk kompos jika memang diperlukan.
  • Gali lubang sedalam 2,5 cm dengan jarak 45 cm pada setiap benih yang akan ditanam.
  • Masukkan beberapa benih pada setiap lubang serta tutup kembali dengan tanah.
  • Dikarenakan bunga matahari mekar setahun sekali, maka anda bisa mengatur masa penanaman benih supaya bisa menikmati mekarnya bunga untuk waktu yang lebih lama.
  • Berikan sedikit pupuk organik setelah bibit ditanam, serta taburkan pada area tanam supaya batang menjadi lebih kuat.
  • Basahi tanah yang sudah diberi pupuk dengan air, akan tetapi pastikan agar benih tidak basah kuyup atau tergenang dengan air.


Bagaimana dengan perawatan yang harus dilakukan? Tahapan yang dilakukan dalam merawat bunga matahari sangatlah mudah. Poin-poinnya ialah :

 

=> Siram Bunga Secara Teratur

Bunga matahari sangat suka disiram dengan banyak air dengan durasi yang jarang, dibanding dengan sering menyiram namun volume sedikit. Sesuaikan penyiraman dengan cuaca panas dan kondisi tanah.

 

=> Basmi Hama dan Jamur

Meski bunga matahari relatif aman dari serangan serangga, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ngengat akan bertelur pada permukaan bunga.
Selain dari itu, anda juga bisa memasang jaring untuk mencegah burung menghancurkan bunga. Apabila bunga terserang jamur, semprot menggunakan fungisida.

Post a Comment

Post a Comment