81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Dan Tips Merawat Tanaman Hidroponik Yang Benar

Bagaimana tips dan cara merawat tanaman hidroponik yang benar? Pertanyaan ini mungkin juga ada dalam pikiran anda. Oleh karena itu, untuk memberikan jawaban yang tepat, dibawah ini kami sudah menyediakan rangkuman. Siapa tahu bisa memberikan jawaban dari semua pertanyaan anda.


Seperti yang sudah pernah kita pelajari, hidroponik merupakan salah satu sistem penanaman yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus menggunakan tanah.

Cara Dan Tips Merawat Tanaman Hidroponik Yang Benar

Sistem tanam ini mungkin masih terbilang baru, bahkan bisa disebut jika tidak semua orang bisa melakukannya sendiri lantaran tidak paham dengan langkah dan penerapan.


Sekedar untuk tambahan referensi, sistem hidroponik memang sudah tidak lagi membutuhkan tanah sebagai media tanam. Sebab sistem ini lebih mengandalkan air untuk bisa menumbuhkan tanaman.


Jika melihat media tanam yang hanya membutuhkan air, seharusnya anda pun bisa melakukannya dengan mudah jika sudah mempelajari tata caranya dengan benar.


Nah dalam hal ini, ada begitu banyak jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan menggunakan sistem hidroponik. Mulai dari tanaman kecil hingga besar sekalipun.


Akan tetapi, umumnya sistem hidroponik banyak digunakan untuk menanam sayuran hijau. Hal ini dikarenakan dinilai lebih mudah dan menyenangkan, bahkan tidak perlu becek dengan tanah.


Terlepas dari itu, sayuran yang ditanam dengan sistem ini, bisa tumbuh dengan baik lantaran tidak ada gangguan cacing. Meski begitu, anda tetap perlu melakukan perawatan yang maksimal, sehingga hasil yang diperoleh mempunyai kualitas baik.


Langkah perawatan tanaman hidroponik pun harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika anda memang penasaran dan ingin mencoba sendiri. Berikut cara perawatan yang bisa dilakukan :


1. Menjaga Asupan Nutrisi Agar Tercukupi

Nutrisi hidrponik menjadi poin penting untuk bisa memperoleh tanaman yang baik. Dengan pemberian nutrisi yang cukup, tentunya tanaman akan tumbuh baik dan sehat.


Tanaman hidroponik sangat bergantung pada nutrisi untuk mempertahankan pertumbuhannya tetap stabil. Supaya nutrisi tanaman tercukupi, anda bisa menambah larutan nutrisi pada bak nutrisi. Khususnya ketika stok nutrisi yang ada sudah melewati batas minimal.


Atau setidaknya, air dalam bak sudah berkurang sepertiga dari volume sebelumnya. Dengan demikian, ketersediaan nutrisi tetap terjaga hingga tiba masa panen.


2. Terkena Paparan Sinar Matahari Yang Cukup

Tidak beda dengan tanaman yang hidup di alam liar, sistem hidroponik pun juga memerlukan sinar mahatari untuk proses fotosintesis. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memperhatikan kebutuhan tersebut.


Sedangkan untuk cara termudah yang bisa dilakukan ialah, memindah tanaman pada area yang lebih mudah terkena sinar matahari. Tujuannya ialah agar tanaman bisa terpapar sinar matahari yang cukup. Umumnya tanaman membutuhkan sinar matahari dengan waktu minimal 5 jam per hari.


Pada dasanya perawatan tanaman dengan sistem hidroponik sangatlah mudah. Yang terpenting ialah selalu mengontrol air nutrisi dan juga memperhatikan kebutuhan cahaya matahari.


Jika anda mempunyai modal yang cukup dan memang berniat untuk budidaya dengan skala besar. Maka akan lebih baik untuk membuat rumah kaca agar tidak repot memindah-mindah tanaman.

Post a Comment

Post a Comment