81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Bonsai Pohon Asam Jawa Agar Hasilnya Bagus

Meski sedikit kurang familiar, nyatanya pohon asem jawa juga bisa dibonsai untuk hiasan cantik dan mungil di halaman rumah.


Tidak hanya tanaman asem jawa saja, bonsai juga bisa dibuat dari berbagai macam tanaman. Buktinya bisa anda lihat pada postingan kami sebelumnya yakni bonsai kelapa.

Cara Bonsai Pohon Asam Jawa Agar Hasilnya Bagus

Nah apabila anda sedang mencari tanaman yang bisa dijadikan bonsai, maka anda bisa membuatnya dari pohon asam jawa.


Pasalnya, bonsai dari tanaman ini juga tidak kalah cantik dan akan membuat halaman rumah anda semakin menarik. Jika anda memang penasaran, berikut tata cara yang bisa anda ikuti.


1. Memilih Bibit Yang Bagus

Sebagai langkah pertama, anda harus mencari bibit pohon asam jawa yang baik. Caranya ialah dengan menyemai biji asam jawa yang sudah tua, namun bisa pula dengan sistem cangkok.


Akan tetapi, sistem cangkok sangat sulit untuk memperoleh hasil yang bagus. Bahkan kebanyakan orang gagal menerapkan sistem ini. Sehingga lebih disarankan untuk menyemai bijinya saja.


2. Langkah-langkah Penyemaian biji asam Jawa

Pertama, pilih biji yang sudah tua atau dari buah yang sudah masak. Kemudian direndam dengan air selama kurang lebih satu minggu. Tujuan perendaman ini agar cangkang biji bisa mengelupas dengan mudah.


Proses berikutnya ialah dengan mengikat biji asam jawa yang sudah direndam tadi, serta rendam ulang dengan menggunakan pupuk pertumbuhan.


Sedangkan untuk langkah ketiga, masuk pada proses penanaman biji ke dalam polybag atau pot yang sudah pupuk dan media (tanah dicampur dengan kompos).


Media yang sangat baik untuk membuat bonsai ini terdiri dari tanah, pupuk kandang, pupuk kompos dan juga perpaduan pasir halus. Perlu diingat, hindari menimbun biji asam jawa terlalu dalam.


3. Pembentukan Bonsai Asam Jawa

Ketika sudah melakukan beberapa tahapan diatas, tepatnya saat anda sudah menimbun biji asam jawa. Poin berikutnya yang bisa dilakukan ialah dengan membentuk pohon asam jawa.


Tentu pembentukan ini bisa diterapkan saat pohon sudah tumbuh. Untuk membentuknya, anda bisa sesuaikan dengan kehendak awal.


Sebagai salah satu contoh bonsai, yakni model tegak berkelok-kelok, bentuk akar terjalin, bentuk sarung angin, miring, serta masih banyak lagi yang lainnya.


Ketika bentuk sudah disesuaikan, maka aturlah diameter batang pohon, yakni agar bagian bawah lebih besar dari bagian atas.


4. Perawatan Bonsai Asam Jawa

Jika anda ingin memperoleh bentuk bonsai yang bagus, maka harus rajin dalam memangkas pohon tersebut. Langkah ini bertujuan agar daun semakin lebat dan bagus.


Selain itu, anda juga harus merapikan bentuk bonsai. Beri tambahan pupuk yang bisa membuat tanaman tumbuh sehat dan subur.


Sedangkan untuk jenis pupuk yang bagus ialah tidak mengandung bahan kimia. Sehingga anda cukup memanfaatkan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Post a Comment

Post a Comment