81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Tanaman Rambat Di Tembok

Bagaimana Cara Menanam Tanaman Rambat Di Tembok yang baik dan benar? Jika anda ingin memperoleh jawaban yang lebih lengkap, ada baiknya jika menyimak artikel ini hingga tuntas.


Seperti yang kita ketahui, tanaman rambat bisa dimanfaatkan untuk mempercantik sekaligus memberikan kesan teduh pada eksterior rumah. Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat untuk menambah jumlah oksigen pada lingkungan rumah anda.

Cara Menanam Tanaman Rambat Di Tembok

Terdapat beberapa jenis tanaman rambat yang bisa anda manfaatkan. Dalam hal ini, anda bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Akan tetapi, pastikan jika anda mengenali jenis dan sifat dari tanaman yang dipilih tersebut.


Beberapa langkah penting sebelum anda menanam tanaman rambat, beberapa diantaranya ialah : Mengenali jenis dan karakteristik tanaman, pangkas tanaman secara berkala, dan pastikan tanaman rambat bisa memperoleh asupan matahari serta disiram secara teratur.


Mengenali Jenis-Jenis Tanaman Rambat

Terdapat beberapa jenis tanaman rambat hias yang bisa tumbuh baik di Indonesia. Mulai dari yang paling populer seperti daun sirih, daun dolar, bugenvil, dan alamanda.


Dan belakangan ini, mawar rambat juga menjadi salah satu tanaman hias yang tren pada kalangan penggemar tanaman. Dengan menerapkan perawatan yang baik, maka mawar rambat juga bisa tumbuh baik di Indonesia.


Tips Dasar Dan Cara Menanam Tanaman Rambat

Berikut ini kami rangkum beberapa langkah mudah untuk bisa menanam tanaman rambat agar tumbuh baik. Bahkan bisa anda terapkan sendiri dirumah.

  • Langkah pertama sebelum penanaman, buatlah lubang tanam dengan jarak antara 30 hingga 60cm dari dinding. Atau bisa pula memanfaatkan pot yang diletakkan pada sekitar tiang penyangga.
  • Tanam tanaman rambat pada lubang atau pot, urai akar tanaman supaya proses penyerapan nutrisi berjalan dengan baik. Selanjutnya, tutup kembali lubang dengan tanah.
  • Siram tanaman secara teratur setidaknya dua kali dalam sehari. Usahakan kondisi tanah tidak terlalu basah ataupun terlalu kering.
  • Lakukan pemangkasan secara teratur. Pada tanaman rambat berbunga, alangkah baiknya dipangkas setelah berbunga. Sedangkan untuk tanaman daun, pemangkasan bisa dilakukan kapan saja.


Tips Dan Cara Merawat Tanaman Hias Rambat

Supaya tanaman rambat anda tumbuh baik sesuai keinginan, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Apa saja?

  • Sebelum menerapkan cara tanam, pastikan anda sudah menyiapkan media perambat. Bisa dari teralis, kawat, ataupun bambu.
  • Untuk pergola dan kanopi, apabila sudah mulai menjalar pada tiang, pastikan tanaman menjalar melingkari tiang. Anda bisa mengikatnya dengan kawat agar tanaman melilit dengan cantik.
  • Supaya tanaman merambat anda tumbuh dengan cepat, perlu juga dipastikan bahwa tanaman sudah mendapat cukup sinar matahari.
  • Pastikan pula pergola dan kanopi tanaman rambat mempunyai kontruksi yang solid serta cukup kuat untuk menopang tanaman.


Selain beberapa poin diatas, anda juga harus menjaga tingkat kelembapan media tanah. Hal ini menjadi poin penting saat anda melakukan penyiraman.

Post a Comment

Post a Comment